Manajemen Pendidikan Karakter Di Marhalah Aliyah TMI Al Amien Prenduan
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan pendidikan karakter dan problematika yang dihadapi Marhalah Aliyah Tarbiyatul Muallimien Al Islamiyah Al-Amien Prenduan dalam meningkatkan pembentukan karakter santri. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari metode ini kemudian peneliti olah dan analisis untuk memperoleh data atau informasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dengan dua jalan yaitu: membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dengan triangulasi antar metode. Data-data yang diperoleh, peneliti menemukan proses pengelolaan pendidikan karakter di Marhalah Aliyah TMI Al Amien Prenduan mencakup tiga yaitu: pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik, pengelolaan pembiayaan. Sedangkan problematika yang dihadapi Marhalah Aliyah dalam meningkatkan pembentukan karakter santri disebabkan oleh dua hal yaitu: latar belakang santri, menurunnya nilai karakter sebagian santri.
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter
Abstract: This study aims to determine the process of managing character education and the problems faced by Marhalah Aliyah Tarbiyatul Muallimien Al Islamiyah AlAmien Prenduan in improving the character formation of students. Researchers used a qualitative field approach. The method used is the method of interviewing, observation, and documentation. From this method then researchers though and analysis to obtain data or information. For the validity of the data the researcher uses triangulation with two ways: comparing data of observation result with interview result with triangulation between method. The data obtained, the researchers found the process of character education management in Seniour high school of TMI Al Amien Prenduan includes three, namely: management of learners, management of educators, management of financing. While the problems faced Seniour high school in improving the formation of pupil character is caused by two things: the background of students, the decline in the value of the character of some pupil.
Keywords: Management, Character Education.
Â
References
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an tarjamah Bukhara, Bandung, PT
sygma examedia, 2010
Abdurraziq, Ahmad. dkk. Tafsir At Thabari, Jakarta, Pustaka Azzam, 2009
Agustian. Ary Ginanjar, Emosioanl Question dan Spiritual Question, (Jakata: PT Arga
Tilanta, 2001)
‘Ala, Miftahul. Quantum Teaching, Yogjakarta: Diva press, 2010.
Ardy Wiyani, Novan. Manajemen Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasinya
di Sekolah yogyakarta: PT pustaka Insan madani, 2012
_______. Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter,
Yogyakarta: Ar-Ruzz media, 2016.
Albarry , M. Dahlan. Kamus Ilmiah Popular, Surabaya: Penerbit Arloka, 2001
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Renika
Cipta, 2006
Andayani, Dian. Majid, Abdul. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, cet. 3 Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2013
Djauhari, Muhammad Idris. TMI Apa, Siapa, Mana, Kapan Bagaiman, dan Mengapa,
Prenduan: Al Amien Printing, 2014
_______, Ilmu Jiwa Pendidikan, Prenduan: Al Amien Printing, 2012
Djauhari, Muhammad Tidjani. Masa depan Pesantren, Jakarta: Taj Publishing, 2008
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Gramedia, 2008
Dina, Febriani. Faktor Penyebab Menurunnya Moral Remaja, Padang: Jurnal STKIP
Sumatra Barat, 2014
Fadlil , Abbasi. Administrasi Pendidikan, Prenduan: Al-Amien Printing, 2015
_______. Sejarah Pendidikan, cet ke:4, Prenduan: Al-Amien Printing, 2014.
Hasanah, Aan. Pendidikan Karakter Berperspektif Islam, Bandung, Insan Komunika,
Irianto.Yoyon Bahtiar, Strategi manajemen Pendidikan Karakter, Bandung: Jurnal
internasionalConference, 2010
Kesuma Dharma. Dkk. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah,
bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
La Sulo, Umar Tirtaraharja. Pengantar Pendidikan, Jakarta, PT Rineka Cipta, 2005
Mulyasa, Profesionalisme Guru, Yogyakarta: Diva Press. 2004
Muttaqin, Aidil. Peran Kepala Sekoalah Dalam Meningkatkan Mutu Guru, Prenduan:
Skripsi. 2015
Marzuqi,M. Saleh. pendidikan non formal, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, cet. 9, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Mujib, Abdul. Mudzakkir, Jusuf. Ilmun Pendidikan Islam, (Jakarta: Prenada Media
Group, 2006)
Moeleng, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: t.t, 2007
Maunah, Binti. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian
Holistik Siswa, April, 2015
M. Echols, Jonh. syadili, Hasan. kamus inggris Indonesia, AN English-Indonesia, cet. 27
Jakarta: Gramedia, 2003
Muhria, Lanlan. Definisi dan Fungsi sekolah, https://www.iyceum.id/defenisi-danfungsi-sekolah.html. di akses pada 22/08/17
Mujhiyat, Ade. Hak dan Kewajiban Pemerintah Terhadap Pendidikan
http://ademujhiyat.blogspot.co.id/2016/05/hak-dan-kewajibanpemerintah-terhdap-pendidikan.html.
Mukromin, Implementasi Pendidikan Karakter di Pesantren, t.t.: Jurnal Al Qolam, t.th.
Nadip. Dinar Tiara, Pengaruh Minat Terhadap hasil Belajar pada Mata pelajaran
Administrasi Perkantoran, Malang: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen,
Rusli, Mohammad. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Prenduan, LP3M
Paramadani, 2013
Republik Indonesia, Undang-undang RI No.20 tahun 2003, Tentang Sistem
Pendidikan Nasional
Shihab, M. Quraish. Tafsier Al-Misbah, cet. Ke: VIII, jakarta: Penerbit Lentera hati,
Sumardi, Kamin. Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantrem Salafiyah,
Bandung: Jurnal Pendidikan Karakter, 2012
Sudrajat, Aja. Mengapa Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan, Oktober 2011.
Wibowo. Agus, Manajamen Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: pustaka
pelajar, 2013.
Zubaidi, Strategi Pendidikan Karakter, Depok, Rajawali Press, 2017.
DOI: 10.28944/dirosat.v5i2.507
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.