Kecerdasan Eksistensial: Pemahaman Materi Fiqih Tentang Salat Jenazah Dengan Praktik

Alfin Halim

Abstract


Tingkat kecerdasan anak didik biasanya diukur oleh tingkat kematangan berpikir anak didik. Salah satu kecerdasan yang dibutuhkan siswa adalah kecerdasan eksistensial. Kecerdasan eksistensial ditandai dengan kemampuan berfikir sesuatu yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh serta seberapa besar pengaruh kecerdasan eksistensial terhadap pemahaman materi fiqih tentang shalat jenazah pada siswa dan untuk mendiskripsikan apakah praktek dapat memoderasi pengaruh kecerdasan eksistensial terhadap pemahaman materi fiqih tentang shalat jenazah pada siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelatif. Variabel bebas (X) adalah kecerdasan eksistensial, sementara variabel terikat (Y) adalah pemahaman materi fiqih tentang shalat jenazah dan Variabel moderasi (Z) adalah praktek. Penelitan ini menggunakan jenis populasi sebesar 18 responden. Teknik pengumpulan data mempergunakan metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji regresi linear dengan bantuan Statictical Package For Social Science (SPSS) For Windows Versi 24.0. Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh kecerdasan eksistensial terhadap pemahaman materi fiqih tentang shalat jenazah pada siswa kelas VII MTs. Nurulhuda. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,001 berada dibawah 0,05. Besar pengaruh kecerdasan eksistensial terhadap pemahaman materi fiqih tentang shalat jenazah pada siswa kelas VII MTs. Nurulhuda adalah 73,2%. Hal ini sesuai nilai pada kolom R adalah 0,732. Semnatara praktek dapat memoderasi pengaruh kecerdasan eksistensial terhadap pemahaman materi fiqih tentang shalat jenazah pada siswa kelas VII MTs. Nurulhuda Pakandangan Barat Sumenep tahun pelaaran 2020/2021, hal ini  dapat dilihat dari nilai R2 pada regresi pertama sebesar 0,536 atau 53,6 % sementara setelah ada persamaan regresi kedua nilai R2 naik 0,602 atau 60,2%.


References


Dodi Irawan. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.†vol.Vol. 1, No. 4 (Oktober 2019).

Imam Suwardi, dan Wibowo. “Hubungan peran guru dalam proses Pembelajaran Terhadap Prestasi belajar siswa.†vol.Vol. 3 No 2 (Desember 2018).

Imron, Ali. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Kafa Bihi Munib. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasibelajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Dimtsal-Islam Gunungpati.†vol.Volume 7, No. 2 (Desember 2019).

Masnur Muslich. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Muhibbin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: Loogos Wacana Ilmu, 2011.

Musaheri. Perkembangan Peserta Didik Untuk Memiliki Kompetensi Pedagogik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta, 2010.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara, 2010.

Syilfi, Dwi Ispriyanti, dan Diah Safitri. “Analisis Regresi Linier Piecewise Dua Segmen.†vol.Volume 1, Nomor 1 (Tahun 2012).

Titi Kadi. “Inovasi pendidikan : upaya penyelesaian Problematika pendidikan di indonesia.†vol.Vol. 01 No. 0 2 (Desember 2017).

Tu’u, Tulus. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004.

Ulfa. “Optimalisasi pengembangan multipleIntelligences pada anak usia dini di ra Alrosyid kendal dander bojonegoro.†vol.Volume 3 Nomor 2 (Juli 2017).


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v5i2.510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.