Dinamika Pendidikan Ubudiyah Pada Program Kuliah Subuh Santriwati Di Pondok Pesantren Nurul Huda Pakandangan

Firda Diana

Abstract


Salah satu upaya Guru dalam menanggulangi beberapa kelemahan dari metode ceramah yaitu dengan menggabungkan dengan beberapa metode lainnya, salah satu diantaranya yaitu Metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan merupakan suatu metode yang dikombinasikan antara kegiatan menguraikan materi pelajaran dengan kegiatan memperagakan dan latihan (drill). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Praktek Amaliyah menggunakan metode ceramah plus demonstrasi dan latihan pada program kuliah subuh dan mendeskripsikan Efektivitas Metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan dalam meningkatkan pemahaman ubudiyah santriwati di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan.

             Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif  dengan jenis penelitian studi kasus. Dan penentuan informan dalam penelitian ini memakai metode purposive sampling, dengan menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman yaitu proses analisis data yang dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pelaksanaan metode ceramah plus demonstrasi dan latihan ini dimulaidari kegiatan menguraikan materi, mendemonstrasikan/mempraktekkan  meteri yang sudah dijelaskan dan tahap terakhir terakhir mengadakan latihan yang berulang-ulang. Sehingga pengaplikasian metode ceramah plus demonstrasi dan latihan ini bisa dinilai cukup efektif diaplikasikan pada program kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda karena bisa memusatkan perhatian santriwati sehingga bisa fokus dan tidak ngantuk.

 

Kata Kunci : metode CPDL, pesantren, pendidikan Islam


References


Fakhrurrazi. “Hakikat Pembelajaran Yang Efektif.†At-Tafkir XI (2018).

Ferry lesmana. “Metode Latihan (Drill) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menggambar Autocad.†Jurnal of Mechan 1 (2014).

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Se. Bandung, 2010.

Ibadullah. Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. Media graf. magetan, 2019.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Kary. Bandung, 2016.

Marhumah, Ema. Konstruksi Sosial Gender Di Pesantren. Edited by khotimatul khusna. 1st ed. Yogyakarta, 2011.

Maryati. “Efektivitas Metode Ceramah Plus Demonstrasi Dan Latihan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 14 Makassar.†Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Makassar, 2012, 23.

Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa†11, no. 1 (2017): 9–16.

Observasi pada program kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan pada tanggal 08 Januari 2020

Observasi pada program kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan pada tanggal 15 Januari 2020

Satriani. “Inovasi Pendidikan:Metode Pembelajaran Menonton Ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus),†n.d., 51.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cip. Jakarta, 1993.

Susanto, Happy, and Universitas Muhammadiyah Ponorogo. “Perubahan Perilaku Santri ( Studi Kasus Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Di Desa Langkap Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo ),†no. February 2017 (2020). https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i1.361.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cip. Jakarta, 2006.

Wawancara dengan Ny. kinanah, Pemateri kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan pada tanggal 01 Januari 2020

Wawancara dengan Ny. kinanah, Pemateri kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan pada tanggal 07Januari 2020

Wawancara dengan Ny. kinanah, Pemateri kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan pada tanggal 08 Januari 2020

Wawancara dengan Ita ASrifah, Santriwati yang mengikuti kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan pada tanggal 14 Januari 2020

Wawancara dengan Eliza, Santriwati yang mengikuti kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan pada tanggal 14 Januari 2020

Wawancara dengan Nabila, Santriwati yang mengikuti kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan pada tanggal 01 Januari 2020

Wawancara dengan Nailatul Insyirah, Santriwati yang mengikuti kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan pada tanggal 01 Januari 2020

Wawancara dengan Febriyanti Urbani, Santriwati yang mengikuti kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan pada tanggal 08 Januari 2020


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v5i1.512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.