LAKI-LAKI & PEREMPUAN: STATUS DAN HUBUNGAN KEDUANYA (PENDEKATAN TEOLOGIS)

M. Dwi Rahman Sahbana

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisa status dan hubungan laki-laki dan perempuan dalam pendekatan teologis. Pada penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari segi teologis bahwa penciptaan laki-laki dan perempuan secara biologis dan seksualitas memiliki perbedaan yang permanen, samgat berbeda dengan kacamata gender yang memandang status laki-laki dan perempuan itu sesuai dengan penilaian dan kultur masyarakat setempat. Di dalam kitab suci terdapat beberapa dalil yang berbicara atau bercerita tentang hubungan antara laki-laki dan perempuan diantaranya yaitu Makna Nafsin Wahidah (bias gender), kesalahpahaman tentang hawa sebagai penyebab keluarga adam dari surga dan kedudukan antara laki laki dan perempuan dalam agama islam yaitu laki laki memiliki peran utama, misal pada pembagian dalam harta warisan perempuan hanya mendapat sepertiga dari bagian laki-laki Tetapi pada hakikatnya keberadaan perempuan dan laki-laki pada hakikatnya diciptakan untuk saling melengkapi, walaupun adanya perbedaan semata-mata untuk saling mengisi kekurangan yang ada, baik dalam beragama dan bersosialisasi, dan yang terpenting Allah Swt menciptakan hambanya untuk bertakwa, dan dari segi ketakwaan tersebut Allah Swt melihat tingkat perbedaan manusia baik itu laki-laki maupun perempuan. Kata Kunci : Laki-laki, Perempuan, Pendekatan Teologis.  

Keywords


Laki-laki, Perempuan, Pendekatan Teologis

References


ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Aflisia, Noza, Nurwadjah Ahmad Eq, and Andewi Suhartini, ‘Nilai Teologi Islam: Telaah Materi Ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah’, An Nabighoh, 23.1 (2021), 17–32

Alif, Muhammad, ‘Eksistensi Tuhan Dan Problem Epistemologi Dalam Filsafat Agama’, Aqlania: Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam, 12.2 (2021), 209–34

Alimuddin, Herman, ‘Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender’, ALFAmath: Jurnal Pendidikan Matematika, 1.1 (2020), 23–35

Ashari, Muh Subhan, ‘Teologi Islam Persepektif Harun Nasution’, AN NUR: Jurnal Studi Islam, 12.1 (2020), 73–96

Astuti, Devi Idiah, ‘LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF TEOLOGI ISLAM DAN KRISTEN’ (IAIN, 2020)

Darmalaksana, Wahyudin, and Busro Busro, ‘Challenges of Scientific Publication for Theological Academics in Indonesia’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10.01 (2021), 287–304

Darmalaksana, Wahyudin, and Bambang Qomaruzzaman, ‘Teologi Terapan Dalam Islam: Sebuah Syarah Hadis Dengan Pendekatan High Order Thinking Skill’, Khazanah Theologia, 2.3 (2020), 119–31

Ginting, Nurman, Riyan Pradesyah, Amini Amini, and Hadi Sahputra Panggabean, ‘Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat Dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 Di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan’, Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.1 (2021), 30–40

Kaha, Samuel Cornelius, ‘Dialog Sebagai Kesadaran Relasional Antar Agama: Respons Teologis Atas Pudarnya Semangat Toleransi Kristen-Islam Di Indonesia’, Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 4.2 (2020), 132–48

Karundeng, Ariel Hizkia, Jefit Sumampouw, and Dwi Setio Budiono Santoso, ‘Tinjauan Teologis Tentang Karakteristik Gembala Jemaat Menurut 1 Petrus 5: 1-4’, Jurnal Antusias, 6.2 (2021), 92–105

Lisa, Selfia, ‘KEDUDUKAN WANITA DALAM TEOLOGI ISLAM PERSPEKTIF FATIMA MERNISSI DAN RELEVANSINYA DI ERA MODERN’ (UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2021)

Mardhiah, Masril, Dakhi Oskah, Nasution Torkis, and Ambiyar Ambiyar, ‘Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas’, Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18.2 (2020), 182–91

Masinambow, Yornan, and Yuansari Octaviana Kansil, ‘Kajian Mengenai Ekoteologi Dari Perspektif Keugaharian’, SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1.2 (2021), 122–32

Maulana, Abdullah Muslich Rizal, Muhammad Faqih Nidzom, Achmad Reza Hutama Al Faruqi, and Choirul Ahmad, ‘Reconsidering Manifestation and Significances of Islamic Philosophy’, Aqlania: Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam, 12.1 (2021), 25–52

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif (PT Remaja Rosdakarya, 2021)

Monding, Yushiko D, ‘Tinjauan Teologis Tentang Pendidikan Seks Dari Perspektif Pendidikan Kristiani Transformatif’, Jurnal Teologi Pengarah, 2.2 (2020), 173–82

Ningsih, Safena, Hengki Yandri, Nuzmi Sasferi, and Dosi Juliawati, ‘An Analysis of Junior High School Students’ Learning Stress Levels during the Covid-19 Outbreak: Review of Gender Differences’, Psychocentrum Review, 2.2 (2020), 69–76

Rahmah, Siti, ‘Wanita Haid Dengan Metode Syarah Perspektif Teologi Islam’, Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1.2 (2021), 39–50

Rosyada, Dede, Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan (Prenada Media, 2020)

Samongilailai, Aseng Yulias, ‘Tinjauan Buku: MENAKAR COVID-19 SECARA TEOLOGIS’, VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 3.1 (2021), 159–64

Sofiani, Ika Kurnia, and Titin Mufika, ‘Bias Gender Dalam Pola Asuh Orangtua Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4.2 (2020), 766–77

Syafei, Imam, Hayyu Mashvufah, Jaenullah Jaenullah, and Agus Susanti, ‘Konsep Gender Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11.2 (2020), 243–57

Syaukani, Siti Yumnah, ‘PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF GENDER’, TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10.1 (2021), 24–41

Yahya, Muhammad, Muhammad Rijal Maulana, Eni Zulaiha, and Edi Komarudin, ‘Karakteristik Tafsir Sufistik Indonesia’, Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2.1 (2022)


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v7i1.636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.