MELACAK UNSUR REFORMISME MELALUI TERJEMAH AL-QUR’AN AHMAD HASSAN DALAM TAFSIR AL-FURQAN

Mila Aulia, Imam Muhajir Dwi Putra

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap unsur-unsur reformisme Ahmad Hassan (1887-1958) sebagai seorang reformis Islam di Indonesia yang berpayungkan organisasi Persatuan Indonesia (Persis) melalui terjemahan al-Qur’an yang diproduksi olehnya dalam karya berjudul Tafsir al-Furqan. Menelisik lebih jauh bagaimana Ahmad Hassan yang memiliki panggung dalam dunia perkembangan studi al-Qur’an dan tafsir nusantaradengan menyelipkan misi reformisme dalam menerjemahkan ayat-ayat yang bernuansa penegakan hukum dan kepemimpinan. Kontribusi penelitian terletak dalam domain pengembangan khazanah keilmuan al-Qur’an dan tafsir nusantara guna menambah wawasan audien akademik terkait perbedaanwarna terjemah al-Qur’an yang disuguhkan oleh Ahmad Hassan.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library reserach). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu mengumpulkan ayat-ayat yang telah ditentukan berdasarkan tema spesifik, buku-buku serta jurnal-jurnal yang relevan dengan masalah yang dibahas. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu memaparkan, mengkaji dan menganalisis pemikiran Ahmad Hassan melalui terjemah al-Qur’annya, kemudian direlevansikan pada upaya reformisme terhadap pemerintah Indonesia. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan penulis, metode yang digunakan Hassan dalam menerjemahkan al-Qur’an adalah perpaduan antara pola terjemah harfiah dan tafsiriah. Misi reformis Ahmad Hassan menjadi tersampaikan melalui terjemah tafsiriahnya yang dieksekusi secara gamblang dan tegas. Pada akhirnya, Ahmad Hassan ingin membuat sistem pemerintahan Indonesia kembali pada sistem yang berbasis al-Qur’an dan sunnah.


Keywords


Reformisme; Terjemah al-Qur’an; Ahmad Hassan; Tafsir al-Furqan

References


Akhyar, Faijul, Muhammad Al Ikhwan Zulkarnain, Nur Ngadadah, and Dkk. Diskursus Metodologi Dan Karya-Karya Tafsir Al-Qur ’ An. Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING, 2021.

Al-Amri, Limyah, and Muhammad Haramain. “Akulturasi Islam Dalam Budaya Lokal.†Kuriositas 10, no. 2 (2017): 191–204.

Al-Farmawi, Abdul Hayy. Metode Tafsir Maudhu’i Dan Cara Penerapannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1994.

Al-Jawi, Abdurrauf bin Ali al-Fanshuri. Tarjuman Al-Mustafid, 1951.

Badudu, J.S. Kamus Kata-Kata Serapan Asing Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: KOMPAS, 2009.

Bazith, Akhmad. “Metodologi Tafsir ‘Al-Furqan Tafsir Qur’an’ (Membaca Karya A. Hassan 1887-1958).†Education and Learning Journal 1, no. 1 (2020): 19–33.

Hassan, A. Islam Dan Kebangsaan. Bandung: SEGA ARSY, 2019.

———. Tafsir Al-Furqan. Bangil: Persatuan, 1956.

Hizbullah, N. “Ahmad Hassan: Kontribusi Ulama Dan Pejuang Pemikiran Islam Di Nusantara Dan Semenanjung Melayu.†Al-Turas XX, no. 2 (2014): 285–96.

Minhaji, Akh. Ahmad Hassan and Islamic Legal Reform In Indonesia (1887-1958). Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta Press, 2001.

Mustakim, Lupik, and Nor Huda Ali. “Relasi Islam Dan Negara: Studi Atas Pemikiran Ahmad Hassan (1887-1958).†Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam 19, no. 2 (2019): 22–38. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v19i2.4471.

Prasetyo, Ari. Kepemimpinan Dalam Perspektif Islam. Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2014.

Rifa’i, Muh. “Pemikiran Politik Islam Ahmad Hassan Perspektif Politik Islam Indonesia.†Al-Daulah: Jurnal Hukum Dan Perundangan Islam 3, no. 2 (2015): 361–86.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an Vol. 2. Jakarta: Lentera Hati, 2011.

———. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an Vol. 3. Jakarta: Lentera Hati, 2011.

https://kbbi.kemdikbud.go.id

https://id.wikipedia.org


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v7i1.640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.