KONSEP KAFĀ’AH DALAM Q.S AN-NUR AYAT 26 (PERSPEKTIF TAFSIR MAQASHIDI ABDUL MUSTAQIM)

Fatimah Ummi Fauziah, Moh. Abdul Kholiq Hasan

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang konsep kafa'ah dalam Q.S An-Nur yang menjelaskan tentang kesetaraan jodoh, dengan menggunakan pendekatan metode tafsir maqashidi oleh Abdul Mustaqim. Jenis penelitian analisis deskriptif kualitatif, kemudian dianalisis dengan terlebih dahulu mengumpulkan ayat-ayat, data ilmiah, mendeskripsikan interpretasi mufassir, memaparkan ayat kafÄ'ah, dan melihat apakah hasilnya relevan dengan keadaan masyarakat saat ini. Yang mana akan menunjukkan maksud tentang pembelaan Allah terhadap Aisyah ra. akan tetapi dalam tafsir substansi maqashidi Q.S. an-Nur  menjelaskan tentang bagaimana persamaan pasangan akan memberikan peluang yang lebih besar untuk membentuk. Kemudian ditafsirkan dengan tafsir tekstual, kontekstual dan intertekstual. Hasil penelitian menunjukkan tentang pembelaan Allah terhadap Aisyah ra, Tafsir substansi maqashidi Q.S. an-Nur [24]: 26 adalah persamaan pasangan akan memberikan peluang yang lebih besar untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah warrahmah, dan setara yang dimaksud dalam ayat ini adalah sama dalam aturan, penzina, dan orang fasik. Kesetaraan dalam ayat ini bukanlah persamaan mutlak antara pasangan, tetapi hanya kecenderungan dan peluang untuk jodoh.


Keywords


tafsir maqashidi, Q.S An-Nur [24]: 26, kafa’ah

References


’Umar, Ahmad Mokhtar. Mu’jam al-Lughat al-‘Arabiyah al-Mu’asirah. Kaherah: ’Alim al-Kutub, 2008.

Al-Ashfahani, Al-Raghib. Al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an. Bairut: Dar al-Qalam, 1412.

Al-Maraghi, Ahmad Mustofa. Tafsir Al-Maraghi. 2 ed. Semarang: PT. Karya Toha Putra Semarang, 1993.

Al-Raisuny, Ahmad. “Nazariyah al-Maqashid ’Inda al-Syatibi.†19. Virginia: Ma‘had ’Alami li al-Fikr al-Islami, 1995.

As-Suyuthi, Imam. Asbabun Nuzul sebab-sebab turunya ayat al-Qur’an. Jakarta: Puataka Al-Kautsar, 2014.

Ath-Thobari, Abu Ja’far. Tafsir Ath-Thobari. Jakarta: Pustaka Azzam, 2009.

Az-zuhalli, Wahbah. Tafsir Al-Munir. 3 ed. Jakarta: Gema Insani, 2018.

Basri, Rusdaya. Fiqh Munakahat 4 Mazhab dan Kebijakan Pemerintah. Diedit oleh Awal Syaddad. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center, 2019.

Hasan, Moh. Abdul Kholiq. “Interfaith Tolerance and Its Relevance to the Indonesian Diversity: A Study on Ibn ʿAshur’s al-Taḥrir wa al-Tanwir.†Ulumuna 22, no. 2 (2018): 333–362.

Hidayati, Nuzulia. “Hirfah (Profesi) Sebagai Kriteria Kafa’ah dalam Pernikahan (Studi Komparatif Pemikiran Imam al-Syafi’i dan Imam Maliki)†(2016): 64–75.

Ibnu ’Asyur, Muhammad at-Thahir. Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir. Tunisia: Dar Shuhnun li al-Nasyr al-Tauzi’, 1997.

Jamal, Ridlwan, dan Nisywan Abduh. “Al-Jadhur Al-Tarikhiyah Li-Tafsir Al-Maqasidi Lil- Qur’an Al-Karim.†Jurnal Al-Islam fi Asia I (2011): 196.

Muhammad Fuad, ’Abdul Baqi. Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfaz al-Qur’an al Karim. Kairo: Dar al-Hadis, 1945.

Mustaqim, Abdul. “‘Argumentasi Keniscayaan Tafsir maqashidi Sebagai Basis Moderasi Islam’, Pidato, Pengukuhan Guru Besar Bidang Ulumul Quran pada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.†UIN Sunan Kalijaga (2019): 39–41.

Rifqi, M. Ainur, dan A. Halil Thahir. “Tafsir Maqasidi: Membangun Paradigma Tafsir Berbasis Mashlahah.†Millah 18, no. 2 (2019): 339–341.

Royani, Ahmad. “Kafa’ah Dalam Perkawinan Islam (Tela’ah Kesederajatan Agama dan Sosial).†Al-Ahwal: Jurnal Kajian Hukum Keluarga dan Kajian Kesilaman 5, no. 1 (2013): 103–120.

Saihu, Made. “Tafsir maqashidi untuk Maqashid Al-Syari’ah.†Al-Burhan 21, no. 1 (2021).

Sarwat, Ahmad. Ensiklopedia Fikir Indonesia 8: Pernikahan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Shihab, Quraish. Kaidah Tafsir; Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-Ayat Al-Qur’an. IV. Tanggerang: Lentera Hati, 2019.

Sudarmoko, Imam. “Keburukan dalam Perspektif Al-Qur’an, Telaah Ragam, Dampak, dan Solusi Terhadap Keburukan.†Dialogia 12, no. 1 (2014): 27.

Sulfiyah, Husna. “Konsep Kafa’ah pada Perkawinan Anggota TNI dalam Perspektif Hukum Islam.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (2021): 6.

Zayd, Abu, dan Wasfi Asyur. Metode Tafsir maqashidi Memahami Pendekatan Baru Penafsiran Al-Qur’an. Jakarta: PT Qaf Media Kreativa, 2020.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/el-waroqoh.v7i1.1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.