STRATEGI DAKWAH PONDOK PESANTREN NURUL HUDA DESA PAKAMBAN LAOK UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK SANTRI

Rosyidi Rosyidi, Lailis Sariroh

Abstract


Di Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok selain karakter dan latar belakang santri yang bermacam-macam, Pondok Pesantren Nurul Huda juga memiliki beberapa santri yang seringkali berulah seperti, tidak menghormati yang lebih tua, bertengkar, berkata tidak sopan, pacaran, mencuri, dan lain sebagainya. Melihat problem tersebut maka keberadaan pondok pesantren memiliki peran aktif di dalam melakukan strategi dakwah untuk meningkatkan akhlak santri. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan strategi dakwah Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok untuk meningkatkan akhlak santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi dakwah yang dilakukan Pondok Pesantren Nurul Huda untuk meningkakan akhlak santri, yaitu melalui beberapa strategi diantaranya adalah strategi, 1) Nasehat, 2) Pengajian kitab kuning, 3) peraturan pondok pesantren, 4) Kegiatan keagamaan, 5) Keteladanan, dan 6) Pembiasaan. Serta terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan akhlak santri. Dengan adanya strategi ini, santri semakin meningkat akhlaknya dibuktikan dengan adanya peningkatan dalam kualitas ibadah santri serta akhlak santri yang mulai membaik.


Keywords


Strategi Dakwah; Pondok Pesantren; Akhlak Santri

References


Al-„Akk, Syekh Khalid bin Abdurrahman. Cara Islam Mendidik Anak. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.

Aliyudin, Enjang dan. Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.

Amin, Dr.Hj.Muliaty. Metodologi Dakwah. Makasar: Alauddin University Press, 2013.

Amin, Samsul Munir. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah, 2009.

Amrulloh, Santi Rika Umami, Amrulloh. “Internalisasi Nilai-Nilai Pedidikan Akhlak Santri Putri Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang.†vol.1. No 1 (Juni 2017). Diakses 17 Desember 2022. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1019.

Aziz, Moh Ali. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, 2004.

Effendy, Mochtar. Kepemimpinan Menurut Ajaran Islam. Palembang: Al-Mukhtar Yayasan Pendidikan Dan Ilmu Islam, 1997.

Gade, Syahbuddin. Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini. Banda Aceh: Naskah Aceh (NASA), 2019.

islakhuzzaqiyah1, Halimatus S2, Dzulfikar Rodafi3. “Peran Ustad-Ustada Dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah Pada Santri Putri Di Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi.†VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, vol.5. No 10 (2020). Diakses 17 Desember 2022. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7703/6214.

Pimay, Awaludin. Paradigma Dakwah Humanis. Semarang: RASAIL, 2005.

Rohmadi. “Strategi Dakwah Kiai Umarul Faruq Musthafa Dalam Membina Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Di Desa Palenggiyan Sampang.†Bayan Lin Naas Jurnal Dakwah Islam, vol.5. No 1 (Juni 2021). https://ejournal.idia.ac.id/index.php/bayan-linnaas/article/view/323/333.

Sholikin, Muhammad. Mukjizat dan Misteri Lima Rukun Islam. Yogyakarta: Mutiara Media, 2008.

Shihab, Quraish. Membumikan Al-Qur’an, Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2001.

Wawancara dengan Nyai.Rabi’atul Adawiyah, S.Pd.I, Pembina putri Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok Pragaan Sumenep, pada tanggal 06 Januari 2023, pukul 10:03 WIB di Sumenep.

Wawancara dengan Wardatul Jennah, Santri putri Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok Pragaan Sumenep, pada tanggal 11 Januari 2023, pukul 16:12 WIB di Sumenep.

Wawancara dengan Mani’ah, Pengurus putri Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok Pragaan Sumenep, pada tanggal 08 Januari 2023, pukul 16:05 WIB di Sumenep.

Wawancara dengan Syifaatus Solihah, Pengurus putri Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok Pragaan Sumenep, pada tanggal 07 Januari 2023, pukul 12:00 WIB di Sumenep.

Wawancara dengan Hikmatul Firdausi, Pengurus putri Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok Pragaan Sumenep, pada tanggal 06 Januari 2023, pukul 16:03 WIB di Sumenep.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v4i1.1132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.