PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KAMPUNG RUMPUT LAUT

Delia Triscahya Ridhani, Hendra Sukmana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Kampung Rumput Laut di Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Guna mengetahui permasalahan-permasalahan dalam pemberdayaan masyarakat melalui adanya program kampung rumput laut sebagai upaya pemulihan ekonomi melalui peran pemerintah, masyarakat dan pengelolahan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan melakukan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Model analisis data menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman (1994), dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, kesejahteraan yang didapatkan masyarakat Kampung Rumput Laut Desa Kupang sudah terpenuhi dengan baik dari segi kebutuhan pokok yakni sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan yang layak serta adanya pengaruh dari hasil pendapatan budidaya rumput laut. Kedua, ketersediaan akses masyarakat Kampung Rumput Laut Desa Kupang yang belum terpenuhi dengan baik, dikarenakan sarana informasi yang kurang memadai dan kurangnya inovasi pengolahan rumput laut mentah menjadi produk inovasi menjadi olahan matang. Ketiga, partisipasi yang melibatkan masyarakat dalam upaya pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk pengembangan ekonomi seperti proses perencanaan, pengambilan keputusan, pelaksanaan dan pengevaluasian telah sesuai dan berjalan dengan baik oleh masyarakat, pengelolah, dan pemerintah. Keempat, kontrol kendali terhadap sumber daya yang tersedia telah sesuai dengan keberhasilan pemberdayaan yang dilakukan masyarakat sehingga mampu dalam mengelola sumber daya yang tersedia dengan baik. Peran penting budidaya rumput laut hingga menjadi produk dan komoditas utama, merupakan langkah awal diresmikannya program Desa Devisa Kampung Rumput Laut di Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo.


Keywords


pemberdayaan masyarakat;program kampung rumput laut;rumput laut

References


Agam M., A. Zuzy, Y. Ayi (2012). Analisis Pendapatan Dan Pola Pengeluaran Rumah Tangga Nelayan Buruh Di Wilayah Pesisir Kampak Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Perikanan dan Kelautan. Vol. 3. No. 1, 11-16

Amanaturrohim, H., & Widodo, J. (2016). Pengaruh Pendapatan Dan Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Kesejahteraan Keluarga Petani Penggarap Kopi Di Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung. Economic Education Analysis Journal. Vol. 5 (2)

DOI : http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Ari Atu Dewi, A. A. I. (2018). Model Pengelolaan Wilayah Pesisir Berbasis Masyarakat: Community Based Development. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 18(2), 163.

DOI : https://doi.org/10.30641/dejure.2018.v18.163-182

D. Anggelean, M Eko, (2012) “Pengaruh Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Peningkatan Perekonomian di Desa Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo Tahun 2018-2020†Jurnal Administrasi Pemerintahan, Vol. 2.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Jurnal Moderat, 6(1).

Fahrudin, A. (2012). Pengantar kesejahteraan sosial. PT Refika Aditama.

I.Andri, T. Laurensia (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Perbatasan Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.Jurnal Ilmu Administrasi & Sosial. Vol. 9 No. 2. 129-139

DOI : http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/societas

Imam, M., Kunci, K., Rumput Laut, P., & Pantai Amal, K. (2016). eJournal. 4(1), 64–77.

Istiyanti, D. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata di Desa Sukawening (Community Empowerment Through Development of Tourist Villages in Sukawening Village). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (Vol. 2020, Nomor 1).

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. .

Manona (2018). Pemberdayaan Ekonomi Lokal Melalui Pendekatan Kelompok Di Dusun Dwidarma Desa Negara Ratu Kec. Natar Kab. Lampung Selatan. Jurnal Pengembangan dan Manajemen Islam.

Rifa, M., Viola Kirihio (2020). Pemberdayaan Petani Rumput Laut Di Kampung Sarawandori Distrik Kosiwo Kabupaten Kepulauan Yapen Papua. Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintah. Vol. 5, No. 2, 153-167

Syamsuri, S., & Alang, H. (2023). Potensi Ekonomi Dan Kelayakan Usaha Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Berbasis Kearifan Lokal Di Kampung Laut Desa Jeruju Besar Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 11(2).

DOI : https://doi.org/10.23960/jiia.v11i2.6698

Tri Indrianti, D., Ariefianto, L., & Halimi, D. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata Organik di Kabupaten Bondowoso. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 13–18.

DOI : https://doi.org/10.15294/pls.v3i1.31001

Wahyono S.K. (2009). Indonesia Negara Maritim (Sunarwoto & Taufiq, Ed.; Cetakan II). Penerbit Teraju. Kusumoprojo, PT Mizan Publika,

Wibhisana, Y. P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat dan Komunitas dalam Program Desa Wisata Jogoboyo Purworejo. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 12(1), 31–45.

DOI : https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i1.1741

Yazid, Y., & Alhidayatillah, N. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Lingkungan. Dalam Jurnal RISALAH. Vol. 28, Nomor 1.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v4i2.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.