EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM PELAYANAN RAKYAT SIDOARJO DI DESA KLUDAN KECAMATAN TANGGULANGIN KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana efektivitas penerapan SIPRAJA di Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang diukur menggunakan indikator sistem informasi Delone & McLean. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 92 responden yang ditentukan berdasarkan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator kualitas sistem berada pada kategori efektif, kemudian indikator kualitas informasi berada pada kategori efektif, dilanjutkan indikator kualitas pelayanan juga berada pada kategori efektif, indikator penggunaan berada pada kategori efektif, lalu indikator kepuasan penggunaan berada pada kategori efektif, dan terakhir indikator manfaat bersih juga berada pada indikator efektif. Sehingga menghasilkan kesimpulan efektivitas penerapan SIPRAJA di Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo dikatakan efektif karena hasil keseluruhan yang bersumber dari responden berada pada kategori efektif dengan nilai persentase 78%. Â
Keywords
References
Agustina, D. E., Hikmah, M., & Putri, F. E. (2022). Peningkatan Efektifitas Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Sipraja Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 301–307.
DOI : https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.912
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapannya Dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.
Asiah, S. (2016). Efektivitas Kinerja Guru. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 1–11.
Azmy, A., Ahzani, F., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). 76-Article Text-547-2-10-20220720. 1(6), 206–213.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information Systems Research, 3(1), 60–95.
DOI : https://doi.org/10.1287/isre.3.1.60
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30.
DOI : https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748
Erwin, E., & Wijaya, A. (2019). Penggunaan Model DELONE Dan MCLEAN Dalam Mengukur Kesuksesan Aplikasi GO-JEK Di Palembang. JuSiTik : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3(1), 9.
DOI : https://doi.org/10.32524/jusitik.v3i1.624
Futum Hubaib, J. B. A. J. dan. (2021). KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). Dedikasi, 22(2), 105.
DOI : https://doi.org/10.31293/ddk.v22i2.5860
Krisdiantoro, Y., Subekti, I., & Prihatiningtias, Y. W. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Manfaat Bersih dengan Intensitas Penggunaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Aktual, 5(3), 261–279.
DOI : https://doi.org/10.17977/um004v5i32019p261
Marselia, S., Sulistiowati, & Lemantara, J. (2018). Analisis Kesuksesan Website E-Learning Management System (EMS) Dengan Menggunakan Model Delone dan McLean Pada Cabang Primagama Bumi Citra Fajar (BCF). Jsika, 7(1), 1–10.
Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan pelayanan publik (studi tentang elemen sukses pengembangan e-government di pemerintah kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 32–42.
https://www.academia.edu/download/64644054/228481721.pdf
Nugroho, T. (2016). Analisis E-government Terhadap Pelayanan Publik Di Kementerian Hukum Dan Ham (Analysis of E-government to Public Services in the Ministry of Law and Human Rights). Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 10(3), 279–296.
Oribel, F., & Wibawani, S. (2023). Efektivitas Sipraja Di Desa Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 275–285.
DOI : https://doi.org/10.33506/jn.v8i2.2422
Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 194–211.
DOI : https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.4497
Sugiyono. (2016). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Otonomi Daerah Dengan Titik Berat Pada Daerah Tingkat II.
Surat Edaran Bupati Nomor 180/SE/9090/438.1.1.1/2019 tentang Penggunaan Aplikasi Sipraja (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo).
DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v4i2.1302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.