PEMBELAJARAN SEJARAH YANG MENCERDASKAN ERA ABAD 21

Annisaa Ambarnis

Abstract


Perubahan berskala besar saat ini sedang terjadi dalam bidang pendidikan, secara terus menerus dan belum selesai. Hal tersebut salah satunya dapat dilihat dari transmisi pengetahuan yang sudah bersifat horizontal sehingga diperlukan strategi mengajar yang kreatif-inovatif guna membekali siswa di era abad 21. Sejarah merupakan salah satu dari sembilan mata pelajaran kunci di era abad 21 yang pengajarannya perlu diperhatikan. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan tuntutan pembelajaran masa revolusi 4.0. 2) Menguraikan tantangan pembelajaran sejarah abad 21. 3) Menelaah model pembelajaran sejarah yang mencerdaskan era abad 21.  Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang menekan pada analisis data yang telah dikumpulkan dari berbagai macam literatur yang relevan dalam pembahasan ini. Berdasarkan hasil kajian, model pendekatan personal cocok diterapkan dalam pembelajaran abad 21 yang bisa memadukan pengajaran yang khas seperti if history dan open-ended question , sehingga terbentuk pemikiran divergen pada siswa. Model pendekatan personal selaras dengan keterampilan yang digaungkan dalam pembelajaran abad 21, meliputi berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi dan kreativitas.

Keywords


Perubahan, Pembelajaran sejarah abad 21, Model Personal Approach

References


Agustinova, D. E. dkk. (2022). Urgensi Keterampilan 4C Abad ke-21 dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal: Socia, 19(1), 49-60.

Alit, D. M. (2020). Inquiry Discovery Learning dan Sejarah Lokal: Pembelajaran Sejarah Menghadapi Tantangan Abad 21. Jurnal: Social Studies, 8(1), 1-22.

Aman. (2011). Model dan Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Baroya, E. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21. Jurnal: As-salam, 1(1), 101- 115.

Fahrozy, F.P.N. dkk. (2022). Upaya Pembelajaran Abad 19-20 dan Pembelajaran Abad 21 di Indonesia. Jurnal: Basic Edu, 6(2), 1-9.

Hasan, S. M. (2019). Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad ke 21. Jurnal: Historia, 2(2), 61-72.

Syaputra, E., & Sariyatun. (2019). Pembelajaran Sejarah di Abad 21 (Telaah Teoritis terhadap Model dan Materi). Jurnal: Historical Studies, 3(1), 18-27.

Naredi, H. dkk. (2022). Pembelajaran Sejarah Abad 21 dalam Menunjang Kompetensi Komunikasi dan Rasa Nasionalisme Siswa. Jurnal: Briliant, 7(3), 762-769.

Muhtarom, H., & Kurniasih, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Pembelajaran Sejarah Eropa. Jurnal: Bihari, 3(2), 59-65.

Rawung, W. H. dkk. (2021). Kurikulum dan Tantangannya Pada Abad 21. Jurnal: Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29-34.

Mardhiyah, R. H. dkk. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal: Pendidikan, 12(1), 29-40.

Metia, C. A. (2021). Strategi Pembelajaran Sejarah Abad 21 di Era Digital. Jurnal: Seri Publikasi Pembelajaran, 1(4), 1-4.

Muhtarom, H., & Firmansyah, I. A. (2021). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Nilai-nilai Sejarah Lokal sebagai Identitas Bangsa. Jurnal: Pendidikan Sejarah, 10(2), 116-130.

Inayah, A. N. (2022). Strategi Pembelajaran Sejarah dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia di Abad 21. Jurnal: Estoria, 3(1), 348-365.

Widja, I. G. (2018). Pembelajaran Sejarah yang Mencerdaskan: Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. Jurnal: JPSI, 1(2), 117-134.

Daryanto., & Karim, Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Supriatna, N., & Maulidah, N. (2020). Pedagogik Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriatna, Nana. (2019). Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad ke-21 dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal: Historia, 2(2), 73-82.

Syaputra, E. & Sariyatun. (2020). Pembelajaran Sejarah di Abad 21 (Telaah Teoritis terhadap Model dan Materi). Jurnal: YUPA, 3(1), 18-27.

Tanjung, S., & Supriatna, N. (2021). Literasi Kreatif: Membangun Keterampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal Kesultanan Langkat. Jurnal: Harmony, 6(2), 101-109.

Zed, M. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v4i2.1322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.