IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA WATESNEGORO KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

Alfredo Akhsani Wijanarko, Eni Rustianingsih

Abstract


Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program unggulan pemerintah dalam menanggulangi masalah kemiskinan serta membangun sistem perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Melalui PKH diharapkan penerima bantuan akan mendapatkan akses pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Kebijakan PKH Di Desa Watesnegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dimana teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu data primer yang berasal dari observasi, wawancara terhadap informan dan data sekunder yang berasal dari dokumen resmi pemerintah dan jurnal ilmiah. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Teknik Purposive sampling digunakan dalam penentuan informan, yang melibatkan Kepala Bidang Perlindungan & Jaminan Sosial, Koordinator PKH Kabupaten Mojokerto, Koordinator PKH Kecamatan Ngoro, Pendamping PKH Desa Watesnegoro dan Keluarga penerima manfaat Desa Watesnegoro. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa Implementasi kebijakan program keluarga harapan di Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto berjalan dengan baik. Tetapi ditemukan permasalahan pemanfaatan dana bantuan yang semestinya dialokasikan untuk mendukung ranah pendidikan justru diarahkan untuk keperluan pribadi yang tidak sesuai dengan tujuan program.


Keywords


Implementasi Kebijakan; Program Keluarga Harapan; Kemiskinan

References


AB. Setiawati, and M. Tahir. (2022). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Era Covid 19 Di Desa Latellang Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone

Badan Pusat Statistik. (2023). Penduduk Miskin Kabupaten Mojokerto.

Fauzi A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F. (2022). Metodologi Penelitian.Pena Persada

H Tachjan. (2018). Implementasi Kebijakan Publik. Puslit KP2W Lembaga Penelitian Unpad

Kementrian Sosial RI. (2021). Pedoman Pelaksanaan PKH. Kemensos.go.id

La Ode Muhammad Elwan. (2018). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi. Publicuho

Masrul Ikhsan, Hafzana Bedasari, & Ahmad Hadi. (2022). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Rumbio Jaya. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 3(3), 171–176. https://doi.org/10.46730/japs.v3i3.89

Miles and Huberman. (1994). Qualitative Data Analysys. Sage Production Editor

Nabiilah Putut, dkk. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Mojokerto”. Al Buhuts E Journal Volume 17 Nomor 2

Pedoman PKH. (2021). Kementrian Sosial

Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan

Prima, A., Dwi, Y., & Ub, A. R. (2022). Implementation of the Family Hope Program in Ganggang Panjang Village, Tanggulangin District, Sidoarjo Regency [Implementasi Program Keluarga Harapan di Desa Ganggang Panjang Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo].

Riska Rahim Putri. (2023). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Penanggulangan Kemiskinan Oleh Dinas Sosial Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta bandung.

Sukardi, I., & Maru, R. (2019). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Manyampa Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba.

Sulistiana, R., Sumedang, A. K., & Barat, J. (2022). Implementasi Program Keluarga Harapan Di Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Yosua Mandolang. (2019). “Implementasi Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan”. E-Journal Unsrat.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.