MUHADHARAH SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN SOFT SKILLS MAHASANTRI DI MA’HAD INTENSIF PUTRI INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP

Sulistia Ningsih

Abstract


Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kegiatan muhadharah dalam melatih soft skills mahasantri di ma’had IDIA intensif putri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Adapun informan penelitian ini adalah mahasantri yang sudah mengikuti muhadharah, pengurus sebagai penanggung jawab muhadharah dan ustdzah yang mengawasi kegiatan muhadharah. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bentuk kegiatan muhadharah berupa Mc, qiroah, pembacaan hadist, pidato, penampilan bebas, terlihat kegiatan tersebut bisa melatih soft skills mahasantri seperti public speaking, kerjasama dan kepercayaan diri. Adapun faktor pendukung dari kegiatan ini adalah adanya semangat dan kemauan dari mahasantri sedangkan hambatannya adalah masih ada yang tidak semangat, adanya beberapa acara yang tidak dirancanakan sehingga muhadharah tidak terlaksana.

 

 


Keywords


Soft Skills; Muhadharah; Mahasantri

References


Abdulsyani. (1994). Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departeman agama RI direktorat jendral kelembagaan agama Islam. (2003). Pondok Pesantrendan Madrasah Diniyah. Jakarta: DJ II.

Hasin, R., & Hadi, S. (2019). Strategi Pembentukan Soft Skill Santri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Putri Bata-bata Pamekasan. Re-JIEM, 2 No 1, 157.

Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Jalilah, N. S. A. (2021). Pengembangan Kemampuan Public Speaking Santri Melalui Kegiatan Muhadharah. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati.

Kiki Anisah. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMK Muhammdiyah 2 Palembang.

Munasyirah. (2020). Peran Pelatihan Public Speaking Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa dI Pondok Pesantren Darul Itiqomah Kebupaten Banggai Laut Sulawesi Tengah.

Rahmadayani Ayu Fitria. (2021). Master Of Caremony (MC) Untuk Meningkatkan Potensi Diri Bagi SMKN 49. Vol 4 No 2.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Ulan Mawaris Sulistia. (2021). Pembinaan Karakter Percaya Diri Santri Melalui Muhadarah Di Pondok Pesantren Mithul Asror Desa Cimanuk kecamatan Waylima Kebupaten Pasuruan.

Zamarkhasy, D. (1994). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3S.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v3i2.1605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.