POLA KOMUNIKASI PEREMPUAN DOUBLE BURDEN DALAM PEMBINAAN KARAKTER ANAK DIPAJAK BARU KECAMATAN MEDAN BELAWAN

Dhean Zanovsyah, Nursapia Harahap

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pola komunikasi perempuan double burden terhadap anak di Pajak Baru, Kecamatan Medan Belawan, serta untuk memberikan pemahaman holistik tentang hubungan antara perempuan double burden dan anak-anak mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman dan persepsi perempuan dalam mengasuh anak-anak mereka, serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan terhadap peran perempuan dalam pembinaan karakter anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti waktu, frekuensi, kualitas komunikasi, teknologi, komunikasi nonverbal, manajemen waktu, dukungan sosial, pendidikan, pengaruh stres kerja, dan kebijakan keluarga ramah kerja mempengaruhi komunikasi efektif antara perempuan double burden dan anak-anak mereka. Pola komunikasi yang efektif antara ibu yang mengalami beban ganda dan anak-anak mereka sangat penting untuk memastikan kesejahteraan emosional dan perkembangan anak-anak tersebut. Dukungan sosial dari pasangan, keluarga, dan komunitas juga berperan penting dalam membantu perempuan mengelola beban ganda. Kebijakan perusahaan yang mendukung keseimbangan kerja dan kehidupan juga dapat membantu ibu dalam mengelola tanggung jawab mereka. Pola komunikasi yang sehat dan dukungan sosial yang memadai sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik antara ibu dan anak-anak mereka.

 


Keywords


Perempuan Double Burden; Anak; Pembinaan Karakter

References


Amin, M., & Jaya, A. (2020). IMPLIKASI BEBAN GANDA WANITA INDONESIA TERHADAP HARTA BERSAMA DALAM PERKAWINAN (Studi Kasus di Kampung Songket Kecamatan Indralaya). Kodifikasia, 14(2). https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v14i2.2248

Anjassari, G. P. (2023). Relasi Komunikasi Peran Ganda Perempuan Karir Untuk Menjaga Keharmonisan Keluarga dan Pekerjaan. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.32509/petanda.v4i2.3275

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arianty, A., & Harahap, N. (2023). POLA KOMUNIKASI PEREMPUAN DOUBLE BURDEN DALAM MEMBENTUK PERILAKU REMAJA DI KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(2). https://doi.org/10.35870/jimik.v4i2.270

Aurellia, V. S., & Prihastuty, R. (2022). Hubungan Beban Kerja dengan Stres Kerja Pada Wanita Peran Ganda yang Berprofesi Sebagai Perawat. Journal of Social and Industrial Psychology, 11(2). https://doi.org/10.15294/sip.v11i2.64797

Carolina, M., & Mahestu, G. (2020). Praku Komunikasi Remaja dengan KecendileaoMorungn F. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(1). https://doi.org/10.31506/jrk.v11i1.8065

Cut Salma Komala Thayeb, & Denrich Suryadi. (2023). GAMBARAN PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING GENERASI SANDWICH BERDASARKAN JENIS KELAMIN: ANALISIS STATISTIK DENGAN SPSS. Journal of Social and Economics Research, 5(2). https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.164

Finasari, F., & Surikno, H. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPESONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sungai Geringging). Mau’izhah, 11(2). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i2.64

Geeo, N. A. P., Yuniar, N., & Hartoyo, A. M. (2022). HUBUNGAN BEBAN KERJA, KEDISIPLINAN DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PELAYANAN PETUGAS PUSKESMAS ABELI DI KOTA KENDARI TAHUN 2022. Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan Universitas Halu Oleo, 2(4). https://doi.org/10.37887/jakk.v2i4.38080

Hafaniyah, N. (2021). Reorentasi peran domestik : Melacak pembagian peran dalam lingkup the second power akibat teks otoritatif bias gender, konstruk budaya patriarki, dan seksisme. Sakina: Journal of Family Studies, 5(3).

Haprabu, E. S., Sudarsono, S., & Purna, P. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menngkan Bakat Dan Kreativitas Pada Anak (Studi kasus kelurahan Paminggir di RT 05)gemba. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3). https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1052

Hidayat, E. W., & Utami, W. S. (2019). Kajian Mata Pelajaran Geografi sebagai Bekal Peserta Didik untuk Menghadapi Tuntutan Pebelajaran Abad 21 di SMA Surabaya. In Jurnal Pendidikan Geografi (Vol. 1, Issue 1).

Hidayat, Y., Nurmala, D., Susanti, V., Piaud, S., Putra, G., & Ciamis, I. (2023). Analisis Dampak Pemberian Mp-Asi Dini Terhadap Pertumbuhan Bayi 0-6 Bulan. Plamboyan Edu, 1(2).

Holijah, H. (2020). KONFLIK PERAN GANDA WANITA BEKERJA DI LUAR RUMAH TERHADAP KETAHANAN EKONOMI KELUARGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 12(1). https://doi.org/10.14421/ahwal.2019.12105

ISKANDAR, A. M. (2020). INTERAKSI DAN KOMUNIKASI DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PROSES PENDIDIKAN. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 5(1). https://doi.org/10.35673/ajdsk.v5i1.570

Jarbi, M. (2021). Tanggungjawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendais, 3(2).

Jun, J. N. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11(1). https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494

Jundi Al Faqih, M., Partini, Daliman, Sudinadji, M. B., & Mumpuni, K. E. (2022). Dukungan Orang Tua saat Pembelajaran Daring pada Siswa MIN 6 Sukoharjo. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i4.30

Kasim, F. (2019). Komunikasi Efektif. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 2(April).

Kurniawan, C., Wardiana, S., Hapsari, G. K., & Satrio, S. (2023). Komunikasi Persuasif Orang Tua dan Anak Dalam Mengurangi Perilaku Candu Bermain Game Online Di Komunitas One Eighty BSD. Eksplorasi Nuansa Akademik Dan Riset Aplikatif Dalam Budaya, Sastra Dan Komunikasi (E-Narasi), 1(1). https://doi.org/10.32877/narasi.v1i1.1168

Lestari, W., & Mulianingsih, F. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL PADA GURU IPS DI KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1). https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40293

Maghfira Septi Arindita, Meila Asfi Raykhani, Naufal Ra’uf, Rulyn Ardianoor, & Yayat Suharyat. (2022). PRINSIP DASAR ILMU KOMUNIKASI ISLAM. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(5). https://doi.org/10.55606/religion.v1i5.17

Mahmud.iono, T., Segalita, C., & Rosenkranz, R. R. (2019). Socio-ecological model of correlates of double burden of malnutrition in developing countries: A narrative review. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 16, Issue 19). https://doi.org/10.3390/ijerph16193730

Marampa, E. R. (2021). PERAN ORANGTUA DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEROHANIAN PESERTA DIDIK. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2). https://doi.org/10.53687/sjtpk.v2i2.46

Menon, S., & Peñalvo, J. L. (2020). Actions targeting the double burden of malnutrition: A scoping review. In Nutrients (Vol. 12, Issue 1). https://doi.org/10.3390/nu12010081

Mutiara, Y. (2022). Pembinaan Karakter Anak Dari Keluarga Prasejahtera Di TK/Kober Yustisia Kotabumi. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin.

Nasir, S. magfirah, & Tangngareng, T. (2022). PROBLEMATIKA PEMBINAAN KARAKTER ANAK; ANALISIS KRITIS HADIS MAUDU´I. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 24(1). https://doi.org/10.24252/jumdpi.v24i1.27632

Pakpahan, F. D., Yakub, E., & Daviq Chairilsyah. (2023). Pngaruh Konseling Kelompok Untuk meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dengan Teknik Assrtive training pada siswa SMPN Di Pekanbarue. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5.

Pradina, W. S., & Wahyuni, S. (2021). Analisis Faktor Resiko Kejadian Diabetes Mellitus Tipe 2 Berbasis Transkultural Nursing. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 5(1). https://doi.org/10.29407/judika.v5i1.15844

Prihartanto, L. (2022). Deskripsi Keselarasan Bentuk Bahasa Tubuh Ustadz Das’ad Latif. INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 3(2). https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v3i2.186

Purnama, A. (2019). Pemberdayaan Wanita Rawan Sosial Ekonomi melalui Peningkatan Kesejahteraan Keluarga. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(4), 319–328.

Rahman R, A. (2020). FAMILY RESILIENCE IN ISLAMIC PERSPECTIVE (A CASE STUDY OF PARENT AND CHILD INTERACTION BEHAVIOR IN THE DISTRICT OF SOMBA OPU GOWA). Jurnal Adabiyah, 20(2). https://doi.org/10.24252/jad.v20i2a8

Restiana, A. E. (2019). Peran Ganda Ibu Single Parent Dalam Keluarga Penyapu Jalan Di Kota Bontang, Kalimantan Timur. E Journal Sosiatri-Sosiologi, 7(3).

Sahir, S. H. (2022). METODOLOGI PENELITIAN. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).

Shindy, G. T., Mukhlis, S., & Prastiyo, E. B. (2022). PERSEPSI PEREMPUAN RAWAN SOSIAL EKONOMI (PRSE) TERHADAP PERAN GANDA PEREMPUAN DALAM MENINGKATAN KESEJAHTERAN KELUARGA. Jurnal Neo Societal, 7(3). https://doi.org/10.52423/jns.v7i3.25580

Sholihah, N. M. W. (2020). Pengertian Orang Tua. IAIN Kediri, 53(9).

Simanjuntak, D. (2020). Analisis Interaksi Simbolik Nonverbal Frontliner dalam Pelayanan Hotel Berbintang di Kota Bandung. Tourism Scientific Journal, 5(2). https://doi.org/10.32659/tsj.v5i2.95

Sinaga, A. S. (2020). EKSTRAKSI KOMUNIKASI NONVERBAL MENGGUNAKAN GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 25(3). https://doi.org/10.35760/ik.2020.v25i3.3080

Siregar, S. H., & Siagian, A. (2021). Hubungan Karakteristik Keluarga dengan Kejadian Stunting pada Anak 6 – 24 bulan di Kabupaten Langkat. Tropical Public Health Journal, 1(1). https://doi.org/10.32734/trophico.v1i1.6049

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DIPERGURUAN TINGGI PADA ERA INDUSTRI 4.0. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 4(1). https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373

Suba, B., Akay, T. W. M., & Mandagi, A. A. (2023). Terapi Aktivitas Kelompok Sosilisasi Menggunakan Musik di Panti Tresna Werdha Remboken. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2). https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i2.1702

Sugiyono, P. D. (2019). Buku sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Sulfa, N. (2020). THE INTERPRETATION OF DOUBLE Bur’ânURDEN OF WOMEN: A Comparison between al-Misbah and al-Lu’lu’ wa al-Marjân fî Tafsîr al-Q. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 7(2). https://doi.org/10.19105/islamuna.v7i2.3848

Sulung, N., & Sakti, G. (2021). Komunikasi Keluarga Dan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5 – 18 Tahun. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 8(1). https://doi.org/10.33653/jkp.v8i1.614

Sumantri, P. E., & Nirmala, N. (2022). SUMBER DAYA MANUSIA UNGGUL DI ERA DIGITALISASI. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.24

Udayani, N. P. E. C. (2022). STRES KERJA, KONFLIK PERAN DAN WORKPLACE INCIVILITY PADA KARYAWAN. Arjwa: Jurnal Psikologi, 1(2). https://doi.org/10.35760/arjwa.2022.v1i2.7302

Wuhdin, S. M., & Rosalkhi, S. (2024). Pola Komunikasi Dalam Proses Interaksi Sosial Masyarakat Dalam Upacara Adat di Lamakera (Studi Kasus Koda Malen/Sapaan Adat Pernikahan di Lamakera). Jesya, 7(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1386

Yasyah Sinaga, Y. (2021). Pengembangan Karakter Remaja Muslim Melalui Keterampilan Hidup Bertani Sukses Di Nagori Pulo Pitu Marihat Kec. Ujung Padang Kab. Simalungun Provinsi Sumatera Utara. Dakwatul Islam, 5(2). https://doi.org/10.46781/dakwatulislam.v5i2.274

Yunie, C., ST, S., & Ringganis, G. (2022). Komunikasi Konseling Dalam Pelayanan Kebidanan Di Indonesia (Literature Review). Komunikasi Konseling Dalam Pelayanan Kebidanan Di Indonesia (Literature Review), 2(13).

Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. Implementation of Android-Based Interactive Multimedia on Atom Structure Materials on Learning Outcomes and Student Motivation. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 14(2), 259-270.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.