DIFUSI INOVASI KONTEN PROMOSI GOPAYLATER CICIL PADA IKLAN E-COMMERCE TOKOPEDIA DI YOUTUBE

Melati Budi Srikandi, Nuning Indah Pratiwi, Adrian Octavio Tirta Wijata, Wahyu Indra Satria

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai difusi inovasi konten promosi GoPayLater cicil pada iklan e-commerce tokopedia di YouTube. Bagaimana pihak Tokopedia mempromosikan iklannya kepada masyarakat dalam menggunakan metode transaksi GoPayLater Cicil. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana konten promosi GoPayLater Cicil pada iklan E-commerce Tokopedia di YouTube. Fokus penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi dalam menentukan tingkat keberhasilan inovasi dan mendapatkan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan informan. Analisis konten didasarkan pada teori difusi inovasi Rogers untuk mengevaluasi penerimaan inovasi GoPayLater Cicil dalam transaksi online di Tokopedia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pihak E-commerce Tokopedia melakukan kerja sama dengan pihak Gojek dalam menggunakan inovasi terbaru melalui iklan YouTube. Penemuan transaksi GoPayLater Cicil merupakan perkembangan dari penggunaan saldo GoPay yang bisa digunakan oleh pengguna aplikasi Tokopedia dan Gojek untuk membeli barang secara online. Hal ini juga dihargai oleh beberapa masyarakat yang berpendapat bahwa iklan yang diberikan Tokopedia sudah baik, dan memiliki unsur hiburan, termasuk juga dengan pilihan saluran komunikasi menggunakan platform media YouTube sebagai sarana promosi yang bisa dikatakan sudah tepat.

Keywords


e-commerce; difusi inovasi; komunikasi massa; promosi

References


Ahmadi, A. A., Baloch, F. A., Wafa, K. M., & Dost, M. N. (2022). An Empirical Study of Impact of Electronic Commerce on Business. Journal of Information Systems and Technology Research. https://doi.org/10.55537/jistr.v1i3.213

Ananda, R. P., & Yuniawan, A. (2021). Studi Empiris Kepuasan Pelanggan E-Commerce Secara Global. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3541

Andriani, R., Hermawan, A., & Restuningdiah, N. (2022). The Influence of Entrepreneurship Education and E-Commerce Business Communications Perspective on Entrepreneur Self Efficacy Mediated Intensity in Students of the Faculty of Economics and Business Universitas Negeri Surabaya. Literacy International Scientific Journals of Social Education Humanities. https://doi.org/10.56910/literacy.v1i3.356

Asmah, A., & Inayah, A. I. (2023). Efficiency for E-Commerce Business Actors. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-93-0_22

Astuti, W. A., & Ramayani, M. A. (2022). E-Commerce, the Digital Trend in Transaction. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship. https://doi.org/10.21009/jobbe.005.2.06

Ding, Y., Tu, R., Xu, Y., & Park, S. K. (2022). Repurchase Intentions of New E-Commerce Users in the COVID-19 Context: The Mediation Role of Brand Love. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.968722

Dubois, E., Minaeian, S., Paquet-Labelle, A., & Beaudry, S. G. (2020). Who to Trust on Social Media: How Opinion Leaders and Seekers Avoid Disinformation and Echo Chambers. Social Media + Society. https://doi.org/10.1177/2056305120913993

Habib, S., & Hamadneh, N. N. (2021). Impact of Perceived Risk on Consumers Technology Acceptance in Online Grocery Adoption Amid COVID-19 Pandemic. Sustainability. https://doi.org/10.3390/su131810221

Lin, I.-C., Chang, C.-C., & Chiang, H.-C. (2022). A Novel E-Cash Payment System With Divisibility Based on Proxy Blind Signature in Web of Things. Ieice Transactions on Information and Systems. https://doi.org/10.1587/transinf.2022edp7081

P., S. O., & Naikwade, S. S. (2022). Impact of Advertising in Creating Brand Equity With Reference to E-Tailers. Asia-Pacific Journal of Management Research and Innovation. https://doi.org/10.1177/2319510x221144092

Rizaldi, A., & Madany, Z. (2021). Impact of E-Commerce in Industry. International Journal of Research and Applied Technology. https://doi.org/10.34010/injuratech.v1i2.5914

Shalannanda, W., Mulia, R. F., Muttaqien, A. I., Hibatullah, N. R., & Firdaus, A. (2022). Singular Value Decomposition Model Application for E-Commerce Recommendation System. Jitel (Jurnal Ilmiah Telekomunikasi Elektronika Dan Listrik Tenaga). https://doi.org/10.35313/jitel.v2.i2.2022.103-110

Suhayati, E., Renali, S., Suherman, S. V., Matulessy, I. F., & Saputra, H. (2021). Perkembangan E-Commerce Untuk Usaha Kecil. Journal of Information System Applied Management Accounting and Research. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.477

You, T., & Balamurugan, S. P. (2021). Internet of Things-Assisted Integrated Framework for Electronic Market Application. The Electronic Library. https://doi.org/10.1108/el-07-2020-0197

Zhu, D. (2021). Research and Analysis of a Real Estate Virtual E-Commerce Model Based on Big Data Under the Background of COVID-19. Journal of Organizational and End User Computing. https://doi.org/10.4018/joeuc.20211101.oa5


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.