KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SANTRI
Abstract
Abstrak
Komunikasi interpersonal biasa terjadi pada orang-orang yang memiliki latar belakang yang sama. Ciri komunikasi interpersonal yang paling menonjol adalah efek perubahan sikap dan karakter. Peneliti mengambil lokasi di pondok pesantren Al-Hikmah Aengdake Bluto Sumenep dengan alasan kurang memaksimalkan pembentukan karakter kepemimpinan santri. Penelitian ini bertujuan menjelaskan secara ilmiah pola dan metode komunikasi interpersonal dalam membentuk karakter kepemimpinan santri. Objek yang diteliti adalah aktifitas komunikasi interpersonal yang terjadi pada segenap personel di pondok pesantren tersebut, sedangkan subjek yang diteliti adalah kia’i, ustadz, guru, dan para santri maka dari itu penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif. Data-data yang diambil berupa 1. Data wawancara 2. Observasi dan 3. Dokumentasi pondok pesantren, dengan pengujian keabsahan data melalui validasi, kemudian mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan gambaran atau data yang didapatkan ketika penelitian. Hasil penelitian ini adalah pedekatan sosiologis melalui keteladanan, sedangkan metode yang digunakan adalah memberikan pesan dalam hal kepemimpinan, mengikut sertakan santri kegiatan yang dapat membentuk karakter kepemimpinan, memberikan santri iming-iming/imbalan, memberikan santri hukuman/fisik, sedangkan faktor pendukungnya adalah latar belangkang pendidikan komunikator, sarana, dan terakhir keterbukaan para guru dan para ustadz dan faktor penghambatnya adalah kurangnya santri untuk berdialog terhadap masalah yang dihadapi, kepribadian maupun perilaku santri di pondok pesantren tersebut bermacam-macam atau berbeda-beda karakternya.
References
Daftar Pustaka
Ahmad Sandi, Muh Zein Abdullah, Harnina Ridwan, Pola Komunikasi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smk Negeri 1 Kendari UNIVERSITAS HALUOLEO,
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1875.html
(akses Oktober ‎02, ‎2020).
Armi, Muhammad. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Faizah, Lalu Muhsin. Psikologi Dakwah. Jakarta: Prenada Media, 2006
Fatmawati, Firman Bachruddin, Gusti Katon, Ro’id Naufal Sulistiyono, Saivy Ilma Diany. “Peran Pesantren Modern Terhadap Pembentukan Karakter Kepemimpinan Santriâ€, Al-Fikr : Jurnal Pendidikan Islam Vol.6, No.1, Juni 2020
https://jurnal-tarbiyah.stainsorong.ac.id/index.php/alfikr/article/view/66
(akses februari 04, 2021).
Deddy Mulyana, Komunikasi Popular, Kajian Komunikasi Dan Budaya. Bandung: Pustaka Agung Widhi Kurniawan, Zarah Puspitaningtyas. Metode Penelitian Kuantitatif. (Yogyakarta : Pandiva Buku, 2016), Bani Quraisy, 2004.
Devito, Joseph. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang: Karisma Publishing Group. 2010
Ida Suryani Wijaya, “Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi Dalam Organisasiâ€, Vol 14, No 1 (2013)
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/tabligh/article/view/318.html
(akses februari 04, 2021).
Riska Dwi Novianti, Mariam Sondakh, Meiske Rembang. “Komunikasi Antarpribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi (Suami Dan Istri) Keluarga Didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah.†Volume VI. No. 2 (2017),
https://media.neliti.com/media/publications/94222-ID-komunikasi-antarpribadi-dalam-menciptaka.pdf (akses februari 04, 2021).
Maskuri, Dyah Werdiningsih. Membumikan Nilai Karakter Berbasis Pesantren. Jakarta: Nirmana Media, 2017.
Ngalimun. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2018.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabet, 2018.
Wahyu Ilaih. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja RosdaKarya, 2010
Wildan Zulqarnaen, Komunikasi Antarpribadi Ustadz Dan Santri Dalam Pembentukan Karakter Santri (Studi Pada Pondok Pesantren Qotrun Nada Cipayung Depok). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017.
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35798.html(diakses August ‎29, ‎2019.)
DOI: 10.28944/hudan linnaas.v1i2.309
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.