PERAN KOMUNIKASI MASSA DI TENGAH PANDEMI COVID-I9

Rosyidi Rosyidi

Abstract


Komunikasi massa memiliki peran yang sangat signifikan dalam merubah keadaan masyarakat, merubah pola pikir mereka dan dengan mudah menggiring sudut pandang mereka terhadap sesuatu. Pada masa COVID-19 kepercayaan masyarakat terhadap virus tersebut sangat dipengaruhi oleh hal-hal yang diinformasikan oleh madia massa. Virus tersebut bahkan pada awal kemunculan nyaris tidak diyakini oleh masyarakat keberadannya, namun saat media massa menampilkan berbagai hal yang dapat meyakinkan masyarakat tentang fenomina pandemic tersebut, sehingga masyarakat lebih bersiap melakukan antisipasi dan penangggulangan terhadap COVID-19 tersebut. Begitupula dengan proses antisipasi dan penanggulangannya, yang mana pemerintah menerapkan sistem wajib vaksin dalam rangka penanggulangannya, namun hal tersebut pada mulanya mendapatkan spekulasi yang berbeda-beda bahkan penolakan dari berbagai kalangan, namun dengan peran yang dimainkan oleh media massa sehingga membentuk pradigma baru, pengakuan kearah positif adanya vaksin tersebut, melihat fenomina tersebut, dapat disimpulkan, bahwa peran komunikasi massa di tengah pandemi COVID-I9 ini, memiliki peran yang sangat signifikan dalam penanggulangannya.


Keywords


Peran, Komunikasi Massa, COVID-19.

References


Adha, Kholifatul. Panduan Mudah Public Speaking. Yogyakarta: PT Anak Hebat Indonesia, 2016.

Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.

Hendrikus, Dori Wuwur. Retorika Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2007.

Kennedy, John E. Strategi Pemelihan Media. 2012: PT Anak Hebat Indonesia, n.d.

———. Strategi Pemilihan Media. PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Mahadi, Ujang. Komunikasi Antarbudaya Strategi Membangun Komunikasi Harmoni Pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Rahmat, Deddy Mulyana dan Jaluddin. Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Richard West. Pengantar Teori Komunikasi Analisis Dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika, 2017.

Saeful, Muhtadi Asep. Jurnalistik Pendekatan Teori Dan Praktek. Jakarta: Logos Wanana Ilmu, 2015.

Suprapto, Tommy. Pengantar Teori Dan Menajemen Komunikasi. yogyakarta: Media Pres Indonesia, 2009.

Suryadi, Edi. Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori Dan Praktis Di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Ujang, Mahadi. Komunikasi Antarbudaya Strategi Membangun Komunikasi Harmoni Pada Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Wood, Julia. Komunikasi Interpersonal Interaksi Kesehatan. Jakarta: Salemba Humanika, 2018.

Wawancara

Besyair

Hafidz

Thoifur Rahman

Triswanto

Zaini


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v2i1.388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.