PENGGUNAAN METODE PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT SISWA SMA KELAS XII
Abstract
Abstrak: Play therapy adalah salah satu usaha yang dapat membantu anak yang memiliki masalah emosional, kecemasan karena stress serta keragu-raguan dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode play therapy terhadap kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Singosari dengan menggunakan rancangan pre-eksperimen dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian berjumlah 10 siswa dengan sampling purposive. Analisa data menggunakan uji t-Tes atau uji beda dengan mencari Mean dan standard Deviasi dengan menggunakan program SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode play therapy dapat meningkatkan kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut pada siswa. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis data uji t-Tes, dimana harga t hitung = 10.983 dengan signifikansi 0,000. Oleh karena signifikansi 0,000 < 0,05, maka hipotesis (H1) diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan play therapy terhadap kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut siswa. Dengan demikian metode play therapy ini efektif diberikan kepada siswa yang mengalami ketidakmantapan dalam pengambilan keputusan studi lanjut.
Â
Â
Keywords
References
Basori, Muh. 2004. Paket Bimbingan Perencanaan dan Pengambilan Keputusan Karier bagi Siswa SMU. Malang: Universitas Negeri Malang
Dillard, J. M. (1985). Life Long Career Planning. Ohio: A Bell & Howell Company. Dody
Eliasa, Eva Imania. 2011. Permainan Dalam Bimbingan dan Konseling. Makalah. Yogyakarta. MGBK
Gunawan, yusuf. 2001. Pengantar Bimbingan dan Konseling Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: Prenhallindo.
Hadi, Sutrisno, 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset
Kansil, C.S.T dan Kansil, Christine. S.T. 1997. Melangkah Keperguruan Tinggi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling kelompok ( Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Santrock, John W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga
Siagian, Sondang P. 1990. Teori dan Praktek Pengambilan keputusan. Jakarta: Haji Masagung.
SPSS, 16,00 for windows. Program
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi, Dewa Ketut. 1994. Tes Dalam Konseling Karier. Jakarta: Bali Aksara
Toharin. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Thompson, C. L. & Henderson, D. A. (2007). Counseling children, seventh edition. Thompson Brooks/Cole. Amerika Serikat.
Winkel, WS dan MM. Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institutusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Winkel, WS dan MM. Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institutusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v3i1.627
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.