IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI TK. AL-AZHAR PAGENDINGAN

Mujibno Mujibno

Abstract


Metode bermain peran merupakan metode pembelajaran yang diharapkan dapat mengembangkan beberapa aspek yang meliputi nilai agama, moral, kognitif, bahasa, fisik motorik, serta aspek perkembangan sosial emosional yang berakaitan langsung dengan kepercayaan diri. Dengan implementasi metode bermain peran, anak akan menunjukkan sikap yang mencerminkan diri, misalnya dengan tampil di depan teman-temannya.
Penelitian ini akan mengkaji dua permasalahan. Pertama, apakah metode bermain peran dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak di TK Al-Azhar Pagendingan? Kedua, bagaimana mengimplementasikan metode bermain peran dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak di TK Al-Azhar Pagendingan?
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan pendidikan. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru, dan siswa. Dengan menggnakan teknik analisis data deskriptif, penelitian ini menghasilkan beberapa hal. Pertama, metode bermain peran merupakan salah satu metode yang dapat menumbuhkan segala aspek perkembangan, khususnya dalam menumbuhkan kepercayaan diri yang berhubungan langsung dengan aspek sosial emosional, kepercayaan diri dapat terlihat ketika anak memainkan sebuah peran, mereka berani maju ke depan, berbicara dan berekspresi tanpa rasa takut dan malu, mereka dapat bereksplorasi sesuai dengan keinginannya tanpa rasa takut dan tertekan, dan bermain peran juga memberikan kesempatan kepada anak untuk menginterpretasikan pengalaman langsung anak. Kedua, dalam penerapan metode bermain peran guru bergerak menjadi pengamat dan fasilatator diantara anak saat bermain, guru juga bisa ikut terlibat dalam bermain sebagai contoh bagi anak.


Keywords


Metode Bermain Peran, Kepercayaan Diri

References


Agus, dkk. Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Gramedia, 2009.

Aprianti, Yofita Rahayu. Menumbuhkan Kepercaya Diri Melalui Kegiatan Becerita. Jakarta: Indeks, 2013.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2006.

Arriani, Neni. Sentra Main Peran. Jakarta: Pustaka Al-Falah, 2010.

Creswell, John. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.

Elizabeth. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Fadillah, Muhammad. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Hadi, Amiruldan Haryono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2005.

Mendikbud. Permendikbud 137 Tahun 2014 Tentang Standart Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2014.

Mendikbud. Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Morisson, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks, 2012.

Mulyasa. Manejemem PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Sugiyono, Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sumarti M. Thahir. Modul Kurikulum dan Menegemen Sentra CBI Fonik. Pamekasan: Pustaka Hati Educenter, 2012.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2012.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/maharot.v1i1.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.