Peran Pembelajaran Sejarah dalam Pembentukan Karakter Nasionalisme pada Siswa

Ai Lisnawati, Nur Laeli Asyahidah, Muh. Husen Arifin

Abstract


Pendidikan adalah sistem sosial yang memungkinkan untuk mempersiapkan dan bersaing dengan orang lain. Selain itu, seseorang harus memiliki kepribadian yang ilmiah, pendidikan yang membentuk kepribadian, dan setelah dididik, memiliki kepribadian yang luhur, keterampilan akademik, dan harus mampu hidup dan berkembang dengan baik di masyarakat.  Tanpa pendidikan, mustahil sekelompok orang hidup dan tumbuh sesuai dengan konsep pandangan hidup, yang bertujuan untuk kemajuan, kemakmuran, dan kebahagiaan. Demikian pula pendidikan sejarah  sebagai salah satu media pendidikan pembentukan karakter memiliki aspek strategis. Untuk memahami dan memahami makna  peristiwa masa lalu, setiap orang perlu memahami sejarah sejak dini, menghadapi kenyataan saat ini, dan menggunakannya sebagai dasar untuk menentukan sikap di masa depan.  Guru mempunyai peran yang begitu berarti dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Pekerjaan orang tua di rumah digantikan oleh guru sekolah yang mendidik anak-anaknya. Guru diangkat sebagai seseorang yang dapat memimpin siswa secara positif, dan status guru pula menuruskan petunjuk untuk peserta didik tentang bagaimana membangun kepribadian mereka. Guru di sekolah dapat mendidik siswa dengan mengembangkan nilai-nilai karakter yang mereka ketahui, pahami, dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan uraian di atas, dengan fokus pada siswa pembelajaran sejarah nasional, siswa dapat menanamkan nilai kepribadian yang kuat tertarik pada sejarah yang merangsang keinginan untuk mewujudkan dan menyadari cita-cita kebangsaan. Upaya Meningkatkan Kesadaran Mengajarkan Pentingnya Kebudayaan, Semangat Belajar NKRI, Umat, Sejarah Nasional dan Nasionalisme Pelajaran sejarah ini selalu mencermati sejarah, mengkaji dan mewujudkan pembentukan karakter.


Keywords


Pendidikan, Sejarah, Karakter

References


Abdi, G. P. (2020). Peranan Pembelajaran Sejarah Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 209–215.

Amiruddin. (2016). Peran Pendidikan Sejarah dalam Membangun Karakter Bangsa. SEMINAR NASIONAL “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global,†9, 193–202.

Firdaus, D. R. (2021). Pendidikan Sejarah Terhadap Pendidikan Karakter. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/7t8ae

Firdaus, & Rizki, D. (2021). Pentingnya Sejarah bagi Generasi Muda. Osf Preprints.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 81–95.

joko, sayono. (2013). Pembelajaran Sejarah di Sekolah Dari Pragmatis ke Identitas.

Kesuma, D. (n.d.). Melalui Pembelajaran Sejarah Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ). 5.

Rulianto, R. (2019). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527

Saiman, M. (2013). Inovasi Metode Pembelajaran Sejarah. LENTERA (Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya, Dan Sosial), 2(04), 73–85. https://lentera.ejournal.unri.ac.id/index.php/JSBS/article/view/1616

Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 7(1), 9–17. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe%0APENGARUH

Siti, S. (2016). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penerapan Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MA NW Toya Lombok Timur. 4(1), 1–23.

Suswandari. (2016). Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Penguatan Karakter dan Identitas Bangsa. Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Purwokerto, November, 1–12. http://simakip.uhamka.ac.id/download?type=forumilmiah&id=35

Suyanti, S. (2019). Peran Guru Sejarah Dalam Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0. Foundasia, 10(2), 33–44. https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.27924

Utami, A. D., Asnar, A., & Pardosi, J. (2017). Peranan Guru Sejarah dalam Menanamkan Rasa Nasionalisme Siswa Kelas X di SMA Negeri 14 Samarinda. Yupa: Historical Studies Journal, 1(1), 83. https://doi.org/10.26523/yupa.v1i1.9

Widja, I. G. (2018). Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan : Suatu Alternatif. 1(2), 117–134.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/maharot.v6i1.611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.