RAGAM MENU, HARGA, DAN LOKASI : PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN?
Abstract
Pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia menunjukkan perkembangan yang pesat dan memiliki prospek menjanjikan dimasa mendatang. Sejalan dengan fenomena tersebut, persaingan semakin ketat dan masyarakat menjadi semakin kritis dalam memilih restoran yang disukai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ragam menu, harga, dan lokasi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Untuk menjelaskan pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian di Resto Balai Redjo Pamekasan. Penelitian ini mengonfirmasi data yang dikumpulkan dari 40 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu teknik sampling insidental. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variable (ragam menu, harga, dan lokasi) secara simultan memengaruhi secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara parsial dilakukan t-test yang menghasilkan kesimpulan bahwa variable lokasi berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan demikian setiap pengelola restoran diharapkan untuk memilih dan menentukan tempat yang strategis agar mampu memenuhi selera pelanggan dan memenangkan persaingan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana detail lokasi yang diharapkan oleh konsumen.Â
References
Alma, Destiani, Manajemen Pemasaran Bisnis Kuliner, Bandung: Alfabeta, 2009, Cet. 8.
Aritonang R. Lerbin, Kepuasan Pelanggan Dan Minat Beli Kembali, Jakarta: PT Gramedia pustaka utama, 2005.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Assauri, S, StrategicMarketing, Depok: RajaGrafindo Persada, 2012, Cet. I, Ed. I.
Ausgusty Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponerogo, 2006.
Buchary, Alma. Kewirausahaan Edisi Revisi, Bandung: Alfabeta, 2013.
Efendy, Hadaie dan Muin, Abdul, Statistik Pendidikan Dan Ekonomi, Pamekasan: Duta Media Publishing, 2018.
Ernie Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Jakarta: Prenadamedia, 2014.
Ghozali, Imam, Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan, 2006.
Juhanis. Manajemen Kewirausahaan Islam. Makassar : Alauddin UniversityPress, 2014.
Komaruddin,dkk, Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Kotler, Pemasaran di Indonesia: Analisa Perncanaan Implementasi dan Pengendalian, Jakarta: Salemba Empat, 2002.
Kotler, Philip dan Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012. Jilid 1. Ed-13.
Kunaifi, Aang, ManajemenPemasaranSyar’iahPendekatan Human Spirit: Konsep, Etika, Strategi dan Implementasi, Yogyakarta: Maghza Pustaka, 2016.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu, Perilaku Konsumen Edisi Revisi, Bandung: PT Refika Aditama, 2002.
Muchlis Sodichin, Psikologi Belajar, Yogyakarta: Suka Press UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Nurdiani, D. RupiahMeriah Dari Bisnis Minimarket. Jakarta: PPM, 2010.
Rahadian, Ali Oetomo dan Rini, Nugraheni. Analisis Pengaruh Keragaman Menu, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Restoran Waroeng Taman Singosari Semarang). Jurnal Manajemen Vol.2 No. 1 (Januari 2012).
Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi R & D, Bandung: Alfabeta, 2006.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta, 2014. Cet.5.
Sugiyono, Statistika untuk penelitian, Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010, Cet. Ke-11.
Sujana, Asep ST, Manajemen Minimarket, Jakarta: Raih Asa Sukses, 2012, Cet. 1.
Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen, Jakarta: Ghalia Indonesia Swastha, 2011. Ed-2.
Sutrisno, Hadi, Metodologi Reserch. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2001.
Sopiah, Syihabuddin. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2008.
Tim LPMI dan LP2M IAI Al-Khairat Pamekasan, Buku Panduan Penulisan Artikel, Proposal Dan Skripsi IAI Al-Khairat Pamekasan, (Pamekasan: LP2M IAI Al-Khairat Pamekasan, 2018.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.
DOI: 10.28944/masyrif.v1i1.220
Refbacks
- There are currently no refbacks.