PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH

Mustolihudin Mustolihudin, Sita Husnul Khotimah, Anita Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar Fiqih kelas VIII di MTs Al-Islamiyah AMZ Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel berjumlah 32 untuk kelas kontrol dan 30 untuk kelas eksperimen. Data diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS 22. Hasil analisis diperoleh bukti empiris yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan Independent sample t test didapat t hitung sebesar 0,807 dengan jumlah sampel 62 didapat df 60, maka dihasilkan t tabel sebesar 1,671 dengan demikian t hitung 0,807 < dari t tabel 1,671. nilai p sebesar 0,423 > 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini tidak terdapat pengaruh signifikan antara pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar pembelajaran Fiqih di MTs. Al-Islamiyah AMZ Depok.

 


Keywords


Kata Kunci : Metode CTL, Hasil Belajar Fiqih

References


Adim, M., Sri, E., Herawati, B., Nuraya, N., Pendidikan Guru, P., & Dasar, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 6–12.

Arsyad, A., Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662

Asino, T. I., & Pulay, A. (2019). Student Perceptions on the Role of the Classroom Environment on Computer Supported Collaborative Learning. TechTrends, 63(2), 179–187. https://doi.org/10.1007/s11528-018-0353-y

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940

Budiman, A., Samani, M., Rusijono, R., Setyawan, W. H., & Nurdyansyah, N. (2020). The Development of Direct-Contextual Learning: A New Model on Higher Education. International Journal of Higher Education, 10(2), 15. https://doi.org/10.5430/ijhe.v10n2p15

Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Hariyanto, E., Fitriati, A., Handayani, E., & Budiyono. (2019). The Effect of Business Strategy on Firm Value, Performance Measurement Model and Company Performance as Intervening Variable: Empirical Study on Jakarta Islamic Index. Proceedings of the 6th International Conference on Community Development (ICCD 2019). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/iccd-19.2019.43

Kafa, A. M. (2022). Studi Komparatif Antara Pendekatan Kontekstual Dan Metode Ceramah Terhadap Kemampuan Ranah Kognitif Pembelajaran Fiqih Materi Haji dan Umrah di MTs Al-Islam Gunungpati. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 10(1), 400–437. https://doi.org/10.31942/pgrs.v10i1.4501

Khotimah, S. H. (2020). Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Hikmah Journal of Islamic Studies, 15(2), 103–115.

Kintu, M. J., Zhu, C., & Kagambe, E. (2017). Blended learning effectiveness: the relationship between student characteristics, design features and outcomes. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41239-017-0043-4

Lotulung, C. F., Ibrahim, N., & Tumurang, H. (2018). Effectiveness of learning method Contextual Teaching Learning (CTL) for increasing learning outcomes of entrepreneurship education. The Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(3), 37–46.

Qomaruddin. (2021). Manjemen Pengembangan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Bidang Studi PAI. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 39–55.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391

Shaifudin, A. (2019). Fiqih dalam Perspektif Filsafat Ilmu: Hakikat dan Objek Ilmu Fiqih. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 1(2), 197–206. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v1i2.170

Tasya Nabillah, & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 659–663.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/reflektika.v18i1.1202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.