TELAAH KITAB HADIS AL-ARBA'UNA AL-BULDANIYYAH ARBA'UNA HADITHAN KARYA SYAIKH YASIN AL-FADANI

Nur Annisa Istifarin, Maslaqha Yunika Wulandari, Muhid Muhid, Isnaini Lu’lu' Atim Muthoharoh

Abstract


Syaikh Muhammad Yasin al-Fadani adalah ulama terkenal dari Nusantara dan Makkah yang menulis kitab al-Arba'una al-Buldaniyyah Arba'una Hadithan . Kitab ini berupa kumpulan juz-juz kecil yang memuat empat puluh hadis dengan tema yang telah ditentukan oleh pengarangnya. Artinya, tidak fokus pada tema-tema tertentu seperti tasawuf, fiqih, akidah dan sebagainya. Penelitian ini fokus pada motivasi al-Fadani dalam menulis kitab hadis serta karakterisitik dalam penulisan kitab yang ditulis oleh al-Fadani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian penelitian kepustakaan (studi kepustakaan) dan sumber data primer yang di pakai yaitu Kitab al-Arba'una al-Buldaniyyah karya Syaikh Yasin al-Fadani. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasanya al-Fadani termotivasi untuk menulis kitab yang memuat empat puluh hadis dari para ulama seperti Imam al-Nawawi. Kualitas dari empat puluh hadis tersebut berkisar dari shahih, hasan dan hasan shahih. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tujuan al-Fadani dalam membuat kitab al-Arba'una al-Buldaniyyah untuk membantu umat Islam menangani masalah agama.

Keywords


Hadis; Kitab al-Arba’una al-Buldaniyyah Arba’una Hadithan; Yasin al-Fadani

References


Aizid, Ustad Rizem. Biografi Ulama Nusantara. Yogyakarta: DIVA Press, 2016.

Aji, Suryo Bayu Tirto, Jannatul Husna, Nur Kholis, and Niki Alma Febriana Fauzi. “Yasin Al-Fadani and the Narration of Musalsal Hadith.†Islam in World Perspectives Symposium 1, no. 1 (2020): 49–58.

Amdar, Fikri Haekal. “Explanation Of The Cursed Hadith To Muawiyah Study of the Book of Al-Arba’ūn HadÄ«th Min Arba’īn KitÄban ’an Arba’īna Sheikhan by Sheikh Muhammad Yasin Isa al-Fadani.†Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis 5, no. 1 (July 14, 2022): 98–115.

Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah Dan Kepulauan Nusantara Abad XVIII. Bandung: Mizan, 2010.

Daud, Ilyas. “Kitab Hadis Nusantara: Studi Atas Kitab Al-Arbauna Haditsan Karya Muhammad Yasin Al-Fadani, Padang.†Al-Ulum 16, no. 1 (June 1, 2016): 142.

al-Fadani, Muhammad Yasin. Al-Arba’ūna Al-BuldÄniyyah Arba’ūna HadÄ«tsan ‘An Arba’Īna Syaikhan Min Arba’īna Baladan. Beirut: Dar al-Basyair al-Islamiyyah, t.t.

al-Fadani, Yasin. Al-‘Uajalah Fi al-Akhadis al-Musalsalah. t.t: Dar al-Bashair, 1985.

Fazlurrahman, Lalu Muhamad. “Syeikh Yasin al-Fadani dan Islam Nusantara.†IJERT: Indonesian Journal of Education Research and Technology 2, no. 2 (July 2022): 19.

Khoiri, Khabibul, Purwanto Purwanto, and Mukhlizar Mukhlizar. “Studi Komparatif Kitab al-Khil’ah al-Fikriyyah bi Syarh al-Minhah al-Khairiyyah dan Kitab al-Arba’una al-Buldaniyyah Arba’una Haditsan ’an Arba’ina Syaikhan min Arba’ina Baladan.†Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah 2, no. 2 (December 31, 2018): 235.

Mohd Razali, Mohd Hanafi, and Muhammad Adib Samsudin. “Rangkaian Guru-guru Shaykh Muhammad Yasin al-Fadani dalam Membentuk Keperibadian Seorang Tokoh Usul Fiqh.†Journal of Contemporary Islamic Law 1, no. 1 (June 1, 2020). Accessed November 10, 2023. http://www.ukm.my/jcil/jcil-2020-51-article-3-2/.

Muhamad R Okim, Alfian Dhany Misbakhuddi. “Muhammad Yasin al-Fadani dan Kontribusinya dalam Sanad Keilmuan Ulama Nusantara.†UNIVERSUM 12, no. 1 (January 31, 2019). Accessed November 10, 2023. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/universum/article/view/1056.

Mustofa Sembiring, Irvan. “Wacana Intelektual Keagamaan Islam di Indonesia Bersama Timur Tengah.†EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan 5, no. 1 (October 16, 2022). Accessed November 10, 2023. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/12912.

Saleh Adri. “Pemikiran Hadis Syeikh Muhammad Yasin al-Fadani.†Al-Mu’tabar 1, no. 1 (May 19, 2021): 86–101.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 28th ed. Bandung: ALFABETA, 2018.

Wisnuaji, Angger. “Metode Kritik Hadis Musalsal Muhammad Yasin al-Fadani : Studi Analisis Komentar Hadis Musalsalat.†Dirayah : Jurnal Ilmu Hadis 2, no. 02 (2022): 121–144.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/reflektika.v18i2.1364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.