KERJA SAMA ANTARA KIAI DAN KEPALA DESA DALAM MEWUJUDKAN KEMAKMURAN DAN KETENTRAMAN DESA

Nawawi Nawawi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) peran Kiai dan Kepala Desa dalam pandangan masyarakat Sentol Laok. 2) untuk mengetahui bentuk-bentuk kerjasama antara kiai dengan kepala desa dalam mewujudkan kesejahteraan dan ketentraman yang telah terjadi di Sentol Laok. 3) mengetahui adanya pendorong dan penghambat dalam kerjasama antara Kiai dan Kepala Desa dalam mewujudkan kesejahteraan dan ketentraman di Sentol Laok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini meliputi kiai, kepala desa dan masyarakat. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dengan cara mencocokkan data hasil wawancara dengan data yang diperoleh dari hasil dokumentasi, observasi, dan data temuan lainnya. Peran kiai dalam mewujudkan kesejahteraan dan ketentraman di Desa Sentol Laok. Sebagai. Kiai sebagai Ulama', b. Kiai sebagai pengendali sosial, c. Kiai sebagai Gerakan Perjuangan. Sedangkan peran kepala desa bertindak sebagai pemimpin Segala urusan, masalah dan hal-hal yang menyangkut desa adalah urusan Kepala Desa. Bentuk kerjasama antara Kiai dan Kepala Desa di Desa Sentol Laok adalah kerjasama dalam bentuk kerjasama adat. Seperti. Tahlilan kelompok setiap hari Kamis, b. Kelompok yasinan pada setiap jum'at legi, c. Kelompok Hadrah diadakan setiap malam Selasa, d. Kelompok Tani yang diadakan setiap malam ahad, e. Desa Hataman Al-Quran Rokat. 3. Pengemudi dalam kerjasama a. Manusia adalah makhluk sosialb. Motivasi dari desa lain c. Keinginan yang sama ingin kemakmuran dan ketenangan d. Keterbukaan anggota 4. Penghambat dalam pelaksanaan kerjasama a. Pluralisme pemikiran b. Kurangnya keterbukaan antar anggota c. Kurangnya kekompakan dalam anggota d. Kesibukan masing-masing anggota.


Keywords


Kiai, Pedala Desa, Sentol Laok

References


Abdul Syani. Sosiologi Skematika, Teori, Dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Abu Usamah. “Qur’an Dan Assunnah,†July 11, 2017. https:// quran dan sunnah. wordpress. com/ 2009/ 07/ 07/ ulama- adalah- pewaris- nabi/.

Adi Fahrudin. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Refika Aditama, 2012.

Badri Yatim. Sejarah Peradaban Islam Dirasah Islamiyah II. Cet. XXIV. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Bahari Ghazali M. Pesantren Berwawasan Lingkungan. Cet. III. Jakarta: Prasasti, 2003.

Endang. “Peran Kiyai Dan Pembinaan Mental Agama,†July 11, 2017. Accessed July 11, 2017. https://enddank90 .files. wordpress. com /2014/11/peran-Kiyai-bab-2.pdf.

Fahrudin. “Kepemimpinan Dalam Konsep Islam,†July 11, 2017. http:// file. upi. edu/ Direktori/ FPIPS/ M_K_D_U/ 195910081988031-FAHRUDIN/ Bahan_ Ajar_ SPAI/Kepemimpinan_ dalam_ Konsep_Islam.pdf.

Fandi Tjipto. Total Qualiti Management. Yogyakarta: Andi Offset, 1994.

Harso Wibowo. “Bentuk Interaksi Sosial,†March 1, 2018. https:// harsosmanwedi. wordpress. com/ 2012/ 05/ 28/ bentuk- interaksi- sosial- assosiatif-2/.

Inu Kencana Syafiie. Ilmu Pemerintah. Cet. III. Jakarta: : PT. Bumi Aksara, 2015.

Lexy J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya, 2007.

Mas Min. “Pengertian Kerjasama Menurut Ahli & Bentuk-Bentuk Dan Manfaat Kerjasama Terlengkap,†September 20, 2017. http://www.pelajaran.co.id.

Mohammad Rusli. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Sumenep: LP3M Paramadani, 2013.

N Sora. “Kerjasama Secara Umum,†July 11, 2017. http://www. Pengertianku .net /2016/10/pengertian-kerjasama-dan-manfaatnya.html.

Nur Hasanah. “Peranan Kiayi Dalam Menanggulangi Dampak Negatif Kesenian Tradisional Tayub Di Masyarakat Lobuk.†Proposal_Penelitian S1Jurusan Bimbingan Dan Penyuluhan Islam (BPI), Institud Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA), 2008.

P. Arbain Padilah. “Peran Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pembangunan Di Desa Malinau Seberang Kecamatan Malinau Utara Kabupaten Malinau.†Journal—Ilmu Pemerintahan malinau, 2013.

Rahayu. “Psikologi,†July 11, 2017. http:// file. upi. edu/ Direktori/ FIP/ JUR._ PSIKOLOGI/ 19500901198-1032 - Rahayu_ Ginintasasi/ kepemimpinan. pdf.

Saikul Hakim. “Peran Kiayi Kampung Dalam Membangun Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Di Desa Kedungrejo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro.†Skripsi—S 1 Jurusan Ilmu Sosial (IS), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2017.

Sariyono. “Peran Kepala Desa Sebagai Opinion Leader Di Desa Salugatta Kecamatan Budong–Budong Kabupaten Mamuju Tengah.†Skripsi—Pendidikan Ilmu Ekonomi, UIN Alauddin, 2017.

Soekanto Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 1990.

Sugiyono. Statistika Dalam Penelitian. Cet. XVII. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

W.J.S Poerwadarminto. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

Departemen Agama RI Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Bandung: CV. Diponegoro, 2008.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/reflektika.v13i2.483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.