Pendidikan Karakter Berbasis Living Values Education Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Sistem Pembelajaran Daring

Imam Hanafi, Ratih Yuniastri

Abstract


Dunia pendidikan tak luput juga dari akibat yang disebabkan oleh munculnya wabah covid19 yang dinyatakan sebagai pandemi sekitar pertengahan tahun 2020 lalu. Semenjak itu dan setelah diberlakukannnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah di Indonesia, lembaga pendidikan hampir 100% tidak melakukan aktifitas belajar secara tatap muka. Proses transfer ilmu dilakukan dengan sistem daring (dalam jaringan). Kondisi inilah yang oleh sebagian orang dirasakan kurang efektif, mengingat dalam proses pendidikan selain aktifitas transfer ilmu juga ada proses transfer nilai (karakter) dari guru kepada murid. Maka untuk mensiasati kondisi tersebut dibutuhkan pemilahan nilai (karakter) apa saja yang tetap bisa ditransfer kepada peserta didik dalam situasi pandemi Covid19 dengan sistem daring. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan memilah beberapa hal terkait dengan transfer nilai (karakter) yang tetap bisa ditanamkan dimasa pandemi Covid19 ini dimana pendidikan dilaksanakan dengan sistem daring. Untuk dapat melakukannnya, maka peneliti menggunakan penelitian kualitatif yakni Kajian Pustaka (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu melalui kajian secara mendalam terhadap buku “ Pendidikan Karakter, Pendidikan Menghidupkan Nilai untuk Pesantren, Madrasah, dan Sekolahâ€

 


Keywords


Management, Character Education.

References


Budhy Munawar Rachman, 2017, Pendidikan Karakter, Pendidikan Menghidupkan

Nilai untuk Pesantren, Madrasah dan Sekolah, The Asia Foundation

http://www.unesco.org/cpp/uk/declarations/2000/htm

Kemendiknas, 2011, Panduan Pendidikan Karakter, Pusat Kurikulum dan Kebukuan

Kemendiknas, Jakarta

Lexy J Moloeng, 2004, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Murphy, 1998, Character Education in America’s Blue Ribbon Scools, Technomic

Lancaster PA

Pusat Kurikulum Depdiknas, 2010, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi

Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing

dan Karakter Bangsa. Kemendiknas: Jakarta

Thomas Lickona, 1991, Educating For character: how Our schools can teach respect

and responsibility, Bantam Books, New York


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v6i1.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.