Telaah Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid Tentang Pondok Pesantren

M Sufyan Riady, Moh. Wardi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk mengetahui konsep pendidikan Pondok Pesantren, bagaimana subkultur dan tata nilai, pola kepemimpinan dan kurikulum pondok pesantren menurut K.H. Abdurrahman Wahid. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif artinya penelitian yang menggunakan data informasi berbagai macam teori yang diperoleh dari kepustakaan, baik itu diperoleh dari sumber data primer maupun data skunder. Berdasarkan deskripsi atas pemikiran KH. Abdurrahman Wahid  mengenai pendidikan Pondok Pesantren di atas, setelah  penulis  lakukan  analisis lebih mendalam dapat ditarik kesimpulan bahwa Pendidikan Pondok Pesantren ialah pendidikan yang didasarkan pada keyakinan religius dan bertujuan untuk membimbing atau menghantarkan peserta didik menjadi manusia yang utuh dan mandiri. Ada tiga elemen yang mampu membentuk pondok pesantren sebagai sebuah subkultur, yaitu: (1) pola kepemimpinan pondok pesantren yang mandiri dan tidak terkoptasi oleh negara, 2) literatur-literatur kitab-kitab kuning sebagai rujukan umum yang selalu digunakan dari berbagai abad, dan 3) sistem nilai yang digunakan adalah bagian dari masyarakat luas. Pola Kepemimpinan Pondok Pesantren bersifat Khirarki dan Kurikulum di pondok pesantren ditujukan untuk “mencetak†ulama di kemudian hari.

 

Kata Kunci: Pemikiran Abdurrahman Wahid, Pondok Pesantren

 

Abstract: This research was conducted with the aim of knowing the concept of Islamic boarding school education, how subcultures and values, leadership patterns and Islamic boarding school curriculum according to K.H. Abdurrahman Wahid. The research method used in writing this thesis is qualitative research, meaning research that uses information data on various theories obtained from the literature, whether it is obtained from primary data sources or secondary data. Based on the description of the thoughts of KH. Abdurrahman Wahid regarding Islamic Boarding School education above, after the author conducted a more in-depth analysis, it can be concluded that Islamic Boarding School Education is education based on religious beliefs and aims to guide or deliver students to become complete and independent human beings. There are three elements that are able to form Islamic boarding schools as a subculture, namely: (1) leadership patterns of Islamic boarding schools that are independent and not co-opted by the state, 2) yellow books literature as general references that are always used from various centuries, and 3. ) the value system used is part of the wider community. The pattern of Islamic boarding school leadership is hierarchical and the curriculum in Islamic boarding schools is intended to "print" ulama in the future.

 

Keywords : Thoughts KH. Abdurrahman Wahid, Islamic Boarding School


Keywords


Thoughts KH. Abdurrahman Wahid, Islamic Boarding School

References


Aziz, Abd. Paradigma Pendidikan Pesantren Genggong, Probolinggo: STAI Zainul Hasan Henggong, 2012

Barton, Greg. Biografi Gus Dur, Yogyakarta: Pt. Lkis Printing, 2012

Barton, Greg. Biografi Gusdur The authorized Biography Of Abdurrahman Wahid. Yogyakarta: LKis. 2002

Faiqoh, Nyai Agen Perubahan Di Pesantren, Jakarta: Kucica, 2003

Faisol, Gus Dur Dan Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-ruz Media, 2013

Haedari, Amin. Dkk, Panorama Pesantren Dalam Cakrawala Modern, Jakarta: Diva Pustaka, 2006

Hendri, Pahlawan Nasional Bukan Untuk Gus Dur, Jakarta: MAS-Media, 2010

Junaedi, Dedy. Dkk, Beyond The Symbol â€Jejak Antropropologis Pemikiran dan Gerakan Gus Durâ€, Bandung: Rosdakarya, 2000

Khosin. Tipologi Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2006

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Mahmud, Model-Model Pembelajaran Di Pesantren, Tangerang: Media Nusantara, 2006

Mas’ud, Dkk. Tipologi Pondok Pesantren, Jakarta: Putra Kencana, 2002

Muhajir, Noeng Metodologi Penelitian Kualitatif Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000

Nata, Abuddin (Ed.), Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010

Partanto, Pius Dkk, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola 2001

Syarkun, Mukhlas Ensiklopedi Abdurrahman Wahid (jilid I), Jakarta: PPPKI, Gedung Perintis, 2013

Tatang, Ilmu Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2012

Thoha, Zainal Arifin Jagadnya Gus Dur, Yogyakarta: Kutub, 2010

Wahid, Abdurahman. Menggerakkan Tradisi, Yogyakarta: Pt LKsi Printing Cemerlang, 2010

. Prospek Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Jakarta: P3M, 1988.

. Prisma Pemikiran Gusdur. Yogyakarta: LKiS. 2000.

. Tuhan Tidak Perlu Dibela, Yogyakarta: Pt LKiS, 1999

. Tabayyun Gus Dur, Yogyakarta: LkiS, 1998.

Zuhairi, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2010


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v6i1.468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.