Problematika Pembelajaran Qur’an Hadits Di MI Nurul Jadid Desa Guluk Manjung Bluto Sumenep
Abstract
Abstrak: Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas 4 MI Nurul Jadid Kokkowan dan bagaimana upaya penyelesaiannya, yang kemudian dijabarkan dalam dua fokus yaitu: Apa masalah pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas 4 MI Nurul Jadid Kokkowan Desa Guluk Manjung Bluto Kabupaten Sumenep. Upaya apa saja yang dilakukan guru untuk menyelesaikan masalah pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Kelas 4 MI Nurul Jadid Kokkowan Desa Guluk Manjung Bluto Kabupaten Sumenep. Untuk mengetahui lebih jauh permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di kelas 4 MI Nurul Jadid Kokkowan, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian untuk mengkaji status kelompok manusia, suatu objek, suatu keadaan, suatu sistem pemikiran atau suatu golongan peristiwa pada masa sekarang. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadits dan siswa kelas IV MI Nurul Jadid Kokkowan. Dari metode yang digunakan dan ditambah dengan informasi yang diperoleh dari subjek penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an Hadits di kelas MI Nurul Jadid Desa Kokkowan Desa Guluk Manjung Bluto Kabupaten Sumenep dapat dikatakan cukup baik, hal ini dikarenakan dalam menyampaikan materi pelajaran cukup sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan didukung dengan pembinaan yang efektif.
Â
Kata Kunci: Problematika, Qur’an Hadits
Abstract: The problems raised in this research is the problems that occur in learning Qur'an Hadith class 4 MI Nurul Jadid Kokkowan and how efforts to solve the problem, which later described in two focus are: What is the problem of implementation of learning Qur'an Hadith in Class 4 MI Nurul Jadid Kokkowan Village Guluk Manjung Bluto District Sumenep Regency. Any effort made by the teacher to solve the problem of Qur'an Hadith study in Class 4 MI Nurul Jadid Kokkowan Desa Guluk Manjung Bluto Sub-District Sumenep Regency. To find out more about the problems that occur in the study of Qur'an Hadits in grade 4 MI Nurul Jadid Kokkowan, the authors used a qualitative descriptive approach. Descriptive research is a study to examine the status of human groups, an object, a condition, a system of thought or a class of events in the present. While the method used is the method of interviewing, observation and documentation. Subjects in this study consist of Principal, teacher of Qur'an Hadith material and 4th grade students MI Nurul Jadid Kokkowan. From the method used and coupled with the information obtained from the research subjects, the researchers concluded that in the implementation of learning Qur'an Hadits in MI class Nurul Jadid Kokkowan Village Guluk Manjung Bluto District Sumenep Regencies can be said is good enough, this because in conveying the subject matter quite in accordance with the applicable curriculum and supported by effective coaching..
Â
Keywords: Problematica, Qur’an Hadith
Keywords
References
Mahmud Muhammad Al-Jauhari, Membangun Keluarga Qur’ani, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1996
Ranuwijaya Untung, Ilmu Hadits, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1996
Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemah, Semarang: Toha Putera, 2001
Mahmud Muhammad Al-Jauhari, Membangun Keluarga Qur’ani, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1996
Margono S., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007
Sugiyono,Statistik untuk Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010
DOI: 10.28944/dirosat.v4i2.503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.