Manajemen Pendidikan Karakter Di Marhalah Aliyah TMI Al Amien Prenduan

Ulul Azmie

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan pendidikan karakter dan problematika yang dihadapi Marhalah Aliyah Tarbiyatul Muallimien Al Islamiyah Al-Amien Prenduan dalam meningkatkan pembentukan karakter santri. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari metode ini kemudian peneliti olah dan analisis untuk memperoleh data atau informasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dengan dua jalan yaitu: membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dengan triangulasi antar metode. Data-data yang diperoleh, peneliti menemukan proses pengelolaan pendidikan karakter di Marhalah Aliyah TMI Al Amien Prenduan mencakup tiga yaitu: pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik, pengelolaan pembiayaan. Sedangkan problematika yang dihadapi Marhalah Aliyah dalam meningkatkan pembentukan karakter santri disebabkan oleh dua hal yaitu: latar belakang santri, menurunnya nilai karakter sebagian santri.

Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter

Abstract: This study aims to determine the process of managing character education and the problems faced by Marhalah Aliyah Tarbiyatul Muallimien Al Islamiyah AlAmien Prenduan in improving the character formation of students. Researchers used a qualitative field approach. The method used is the method of interviewing, observation, and documentation. From this method then researchers though and analysis to obtain data or information. For the validity of the data the researcher uses triangulation with two ways: comparing data of observation result with interview result with triangulation between method. The data obtained, the researchers found the process of character education management in Seniour high school of TMI Al Amien Prenduan includes three, namely: management of learners, management of educators, management of financing. While the problems faced Seniour high school in improving the formation of pupil character is caused by two things: the background of students, the decline in the value of the character of some pupil.

Keywords: Management, Character Education.

 


References


Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an tarjamah Bukhara, Bandung, PT

sygma examedia, 2010

Abdurraziq, Ahmad. dkk. Tafsir At Thabari, Jakarta, Pustaka Azzam, 2009

Agustian. Ary Ginanjar, Emosioanl Question dan Spiritual Question, (Jakata: PT Arga

Tilanta, 2001)

‘Ala, Miftahul. Quantum Teaching, Yogjakarta: Diva press, 2010.

Ardy Wiyani, Novan. Manajemen Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasinya

di Sekolah yogyakarta: PT pustaka Insan madani, 2012

_______. Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter,

Yogyakarta: Ar-Ruzz media, 2016.

Albarry , M. Dahlan. Kamus Ilmiah Popular, Surabaya: Penerbit Arloka, 2001

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Renika

Cipta, 2006

Andayani, Dian. Majid, Abdul. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, cet. 3 Bandung:

PT Remaja Rosdakarya, 2013

Djauhari, Muhammad Idris. TMI Apa, Siapa, Mana, Kapan Bagaiman, dan Mengapa,

Prenduan: Al Amien Printing, 2014

_______, Ilmu Jiwa Pendidikan, Prenduan: Al Amien Printing, 2012

Djauhari, Muhammad Tidjani. Masa depan Pesantren, Jakarta: Taj Publishing, 2008

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:

Gramedia, 2008

Dina, Febriani. Faktor Penyebab Menurunnya Moral Remaja, Padang: Jurnal STKIP

Sumatra Barat, 2014

Fadlil , Abbasi. Administrasi Pendidikan, Prenduan: Al-Amien Printing, 2015

_______. Sejarah Pendidikan, cet ke:4, Prenduan: Al-Amien Printing, 2014.

Hasanah, Aan. Pendidikan Karakter Berperspektif Islam, Bandung, Insan Komunika,

Irianto.Yoyon Bahtiar, Strategi manajemen Pendidikan Karakter, Bandung: Jurnal

internasionalConference, 2010

Kesuma Dharma. Dkk. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah,

bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

La Sulo, Umar Tirtaraharja. Pengantar Pendidikan, Jakarta, PT Rineka Cipta, 2005

Mulyasa, Profesionalisme Guru, Yogyakarta: Diva Press. 2004

Muttaqin, Aidil. Peran Kepala Sekoalah Dalam Meningkatkan Mutu Guru, Prenduan:

Skripsi. 2015

Marzuqi,M. Saleh. pendidikan non formal, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, cet. 9, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Mujib, Abdul. Mudzakkir, Jusuf. Ilmun Pendidikan Islam, (Jakarta: Prenada Media

Group, 2006)

Moeleng, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: t.t, 2007

Maunah, Binti. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian

Holistik Siswa, April, 2015

M. Echols, Jonh. syadili, Hasan. kamus inggris Indonesia, AN English-Indonesia, cet. 27

Jakarta: Gramedia, 2003

Muhria, Lanlan. Definisi dan Fungsi sekolah, https://www.iyceum.id/defenisi-danfungsi-sekolah.html. di akses pada 22/08/17

Mujhiyat, Ade. Hak dan Kewajiban Pemerintah Terhadap Pendidikan

http://ademujhiyat.blogspot.co.id/2016/05/hak-dan-kewajibanpemerintah-terhdap-pendidikan.html.

Mukromin, Implementasi Pendidikan Karakter di Pesantren, t.t.: Jurnal Al Qolam, t.th.

Nadip. Dinar Tiara, Pengaruh Minat Terhadap hasil Belajar pada Mata pelajaran

Administrasi Perkantoran, Malang: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen,

Rusli, Mohammad. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Prenduan, LP3M

Paramadani, 2013

Republik Indonesia, Undang-undang RI No.20 tahun 2003, Tentang Sistem

Pendidikan Nasional

Shihab, M. Quraish. Tafsier Al-Misbah, cet. Ke: VIII, jakarta: Penerbit Lentera hati,

Sumardi, Kamin. Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantrem Salafiyah,

Bandung: Jurnal Pendidikan Karakter, 2012

Sudrajat, Aja. Mengapa Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan, Oktober 2011.

Wibowo. Agus, Manajamen Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: pustaka

pelajar, 2013.

Zubaidi, Strategi Pendidikan Karakter, Depok, Rajawali Press, 2017.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v5i2.507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.