Bidadari Dalam Tafsir Al-Quran: Komparasi Pemikiran Ibn ‘Âsyur Dan Amina Wadud

Moh Rozin

Abstract


Isu-isu gender dianggap tidak bisa dilepaskan dari pengaruh sistem teologi paling mendasar dalam agama. Dalam kaitan ini tema bidadari penting untuk dikaji, sebab merupakan bagian penting dari konsep eskatologi Islam. Sementara wacana eskatologi Islam, meskipun kerap menciptakan variasi interpretasi dan memancing perdebatan, namun faktanya diskursus tentangnya selama ini berlangsung statis. Ibn ‘Âsyûr  dan Amina Wadud hadir sebagai sosok yang berusaha menghidupkan kembali pembahasan tersebut. Fokus dari kajian ini adalah bagaimana hakikat bidadari menurut Ibn ‘Âsyûr  dan Amina Wadud, dan bagaimana persamaan dan perbedaan pemikiran keduanya. Metode deskriptif-analitis-komparatif digunakan untuk mengkaji pemikiran kedua tokoh tersebut terhadap ayat-ayat yang mengandung pengertian bidadari, yang meliputi term hÅ«run ‘īn dan azwÄj. Ungkapan hÅ«run ‘īn, menurut Ibn ‘Âsyûr , perlu dipahami sebagai petunjuk eksistensinya, sementara bagi Amina Wadud, ungkapan tersebut perlu dipahami sebagai petunjuk metaforis, oleh sebab ungkapan yang sebenarnya dimaksudkan Alquran tentang konsep pasangan di Surga adalah ungkapan azwÄj yang tidak terikat jenis kelamin. Amina Wadud mengalienasi konsep hÅ«run ‘īn dari konsep azwÄj, sementara Ibn ‘Âsyûr  menganggap kedua istilah tersebut sama atau setara. Perbedaan kontras di antara pemikiran kedua tokoh terdapat dalam argumentasi yang mereka gunakan untuk mendukung pendapat masing-masing. Hal ini berangkat dari latar belakang pemikiran dan konstruksi metodologi yang berbeda.

References


al-Afrîqiy, Ibn Manzūr. Lisn al-‘Arab, Juz I, II & IV. Beirut: Da>r S{a>dir, t.th.

bin ‘Aqi>l, Baha>’ al-Di>n ‘Abdulla>h. Syarh} ibn ‘Aqi>l Qa>d}i al-Qud}a>h, Juz IV, (t.t.: Da>r al-Tura>s, 1980.

Ibn ‘Arabiy. Tafsi>r al-Syaykh al-Akbar Muh}y al-Di>n bin ‘Arabiy, Juz II. t.t.: t.p., t.th.

Ibn ‘Âsyûr . al-Tah}ri>r wa al-Tanwi>r, Juz I, III, V, XIII, XXIII, XXV & XXVII. Tunisia: al-Da>r al-Tu>nisiyyah, 1984.

al-Ba>qi>, Muh}ammad Fua>d ‘Abd. al-Mu‘jam al-Mufahras li Alfa>z} al-Qur’a>n al-Kari>m. Kairo: Da>r al-Kutub al-Mis}riyyah, 1945.

Al-Bayd}a>wiy. Anwa>r al-Tanzi>l wa Asra>r al-Ta’wi>l, Juz V. Beirut: Da>r Ih}ya>’ al-Tura>s al-‘Arabiy, t.th.

al-Biqa>‘i>, Burha>n al-Di>n. Naz}m al-Durar fi> Tana>sub al-Ati wa al-Suwar, Juz XIX. t.t.: Da>r al-Kutub al-Isla>mi>, t.th.

Farid, Malik Ghulam. Dictionary of the Holy Qur’an. United Kingdom: Islam International Publication Limited, 2006.

Irsyadunnas. Hermeneutika Feminisme dalam Pemikiran Tokoh Islam Kontemporer. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2014.

Izutsu, Toshihiko. God and Man in The Qur’an. Petaling Jaya: Mutiara Majestic, 2008.

bin Jabr, Muja>hid. Tafsi>r Muja>hid. Nasr: Da>r al-Fikr al-Isla>mi> al-H{adi>sah, 1989.

Jarrar, Maher. “Houris.†ed. Jane Dammen McAuliffe. Encyclopedia of the Qur’an, Vol. II. Boston: Brill, 2002.

Lembaga Alkitab Indonesia. Alkitab Terjemahan Baru, Matius 22. t.t.: Lembaga Alkitab Indonesia, 1974.

Mubin, Nurul. Misteri Bidadari Surga. Jogjakarta: DIVA Press, 2007.

Mustaqim, Abdul. Paradigma Tafsir Feminis: Membaca Alquran dengan Optik Perempuan. Yogyakarta: Logung Pustaka, t.th.

Ibn Qayyim, H{a>di al-arwa>h} ila> bila>d al-afra>h}. t.t.: Da>r ‘Aid, t.th.

al-Ra>zi>, Fakhr al-Di>n. Mafa>tih} al-Gayb, Juz XXVII & XXVIII. t.t.: Da>r al-Fikr, 1981.

Roidah. Berwisata ke Surga. t.t.: Erlangga, 2012.

al-S{a>bu>niy, ‘Ali>. S{afwat al-Tafa>si>r, Juz I & III. Beirut: Da>r al-Qur’a>n al-Kari>m, 1981.

Shihab, M. Quraish. al-Lubab, Vol. I. Tanggerang: Lentera Hati, 2012.

al-S{u>fi>, Ma>hir Ah}mad. Jina>n al-Khuld Na‘i>muha> wa qus}u>ruha> wa h}u>ruha>. Beirut: al-Maktabah al-‘As}riyyah, 2010.

bin Sulayma>n, Muqa>til. Tafsi>r Muqa>til bin Sulayma>n, Juz III. Beirut: Muassisah al-Ta>ri>kh al-‘Arabi>, 2002.

Al-Syinqi>t}iy. Ad}wa>’ al-Baya>n fi> Ih} al-Qur’a>n bi al-Qur’a>n, Juz I. t.t.: Da>r ‘Ilm al-Fawa>id, t.th.

al-T{abari>, Muh}ammad bin Jari>r. Ja>mi‘ al-Baya>n ‘an Ta’wi>l An, Juz XXI. t.t.: Da>r Hijr, 2001.

Tim Penyusun. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

al-Tu>nisiy, T{a>ha> ibn ‘Ali>. “Muqaddimat Tarjamat al-Muallif.†dalam Ibn ‘Âsyûr . Kasyf al-Mugat}t}a> min al-Ma‘a>ni> wa al-Alfa>z} al-Wa>qi‘at fi al-Muwat}t}a’. Tu>nis: Da>r al-Sala>m, 2007.

Umar, Nasaruddin. Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Alquran. Jakarta: Paramadina, 2001.

Wadud, Amina. Qur’an and Woman. New York: Oxford University Pers, 1999.

_______. Inside the Gender Jihad: Women’s Reform in Islam. Oxford: Oneworld Publications, 2006.

Wikipedia. “Bidadari.†id.m.wikipedia.org/wiki/Bidadari (diakses 27 November 2017).

Al-Zamakhsyari>. al-Kasysya>f, Juz I & V. Riyadh: Maktabah al-‘Ubayka>n, 1998.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v5i2.508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.