Srategi Keluarga Buruh Migran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Desa Karduluk Sumenep
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang masyarakat Karduluk menjadi buruh migran, motivasi belajar dari keluarga buruh migran, dan strategi yang digunaka untuk memotivasi anak agar tetap semangat belajar di Desa Karduluk Sumenep. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa, latar belakang dari masyarakat Karduluk bekerja sebagai buruh migran yaitu untuk memenuhi kebutuhan keluarga, motivasi dari keluarga buruh migran terhadap anaknya yaitu dengan sering menasehati anaknya mengingatkan pada anak waktu belajar, adapun strataegi yang dilakukan oleh keluarga buruh migran didesa Karduluk dalam memberi motivasi pada anaknya yaitu, langkah pertama memberi pujian, ketika anak mendapatkan prestasi disekolahnya, kedua orang tua memberikan hadiah terhadap anak ketika tingkat belajar anak meningkat lebih-lebih jika berprestasi di kelas, ketiga mengontrol pergaulan anak, orang tua mengontrol pergaulan anak dengan usaha anaknya agar tidak ikut dengan pergaulan bebas remaja saat ini, kemudian yang terakhir orang tua memberi hukuman kepada anak dengan harapan anaknya tidak mengerjakan hal yang tidak seharusnya ia kerjakan.
Â
Kata kunci : keluarga buruh migran, motivasi belajar, Â prestasiReferences
Amin, Hasriani. “Komunikasi Orang Tua Dalam Melakukan Motivasi Belajar Anak Usia Remaja (Study Di Kelurahan Wua Wua Kecamatan Wua Wua Kota Kendari ).,†n.d.
Arifin, Yanuar. Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam (Dari Klasik Hingga Modern). Yogyakarta: IRCiSoD, 2017.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Dimyati. Belajar Dan Pembelajaran. jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Hadi, Saiful. Pendidikan Keluarga; Konsepsi Strategi Belajar Wirausaha Pada Keluarga Migran Madura. surabaya: CV Salsabila Putra Pratama, 2016.
Hamdu, Ghullam, and Lisa Agustina. “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PESTASI BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya).†Jurnal Penelitian Pendidikan 12, no. 1 (2011): 81–86.
Hermawati. Pendidikan Keluarga Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Huberman, milles dan. Analisis Data Kualitataif. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992.
Kamuh, Richard. “Peran Komunikasi Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Sekolah Di Desa Bongkudai Timur Kecamatan Mooat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.†Jurnal Acta Diurna Volume 5, no. No 5 (2016): 1–10.
Layli, Nisful. “Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.†NOMOSLECA Vol 3, No. (2017).
Nurlaela, Ela. “Pola Pendidikan Akhlak Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Keluarga Pekerja Migran ( Studi Kasus Di MTs Negeri 2 Kabupaten Cirebon Jawa Barat ).†Jurnal Ilmiah Kajian Islam 2, no. 1 (2017): 44–59.
Palindangan, Linus Kali. “Pola Komunikasi Ibu Anak Pada Keluarga Buruh Migran Perempuan Di.†Ilmu Komunikasi Dan Bisnis 3, no. April (2018): 141–51.
Siahaan, N. Peranan Ibu Bapak Mendidik Anak. Bandung: Angkasa, 1986.
Sobur, Alex. Komunikasi Orang Tua Dan Anak. Bandung: Angkasa, 1995.
Srihastuti, Iswari. “Pola Pengasuhan Remaja Pada Keluarga Buruh Migran Indonesia(BMI) Untuk Mewujudkan Generasi Berkualitas Di Daerah Pegantenan Pamekasan.†Komunikasi Vol. 12 ,N (2018).
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitaf,Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Wardi, Muhammad Musfiatul. “Pengaruh Orang Tua Sebagai Buruh Migran Terhadap Prestasi Belajar Siswa†5, no. 1 (2020): 9–14.
Zain, Nisful layli. “Strategi KomunikasiPersuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.†NOMOSLECA Vol 3 No2 (2017).
DOI: 10.28944/dirosat.v5i1.511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.