Penerapan Metode Kaisa Pada Materi Al-Qur'an Di Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII

Septia Rosalina

Abstract


Dalam memilih metode pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai. Metode ynang biasa digunakan dalam materi Al-Qur’an khususnya menghafal adalah talaqqi, metode ini kurang begitu menarik perhatian siswa karena terkesan membosankan dan mudah hilang. Metode kaisa hadir menjadi solusi, karena metode ini tidak hanya memberikan pemahaman ataupun mengahafal suarah secara teks saja akan teatpi juga menggunakan gerakan yang dilantunkan dengan membaca arti mufradat dan tajwid yang benar. Sehingga memudahkan siswa dalam mengingat ayat tersebut. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode kaisa yang dilakukan di MTs Tegal Al-amien Putri 1 Prenduan kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data secara terperinci yang tampak dalam penerapan metode kaisa pada materi Al-qur’an. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian studi kasus yang merupakan suatu kasus dalam kehidupan nyata dalam konteks kontemporer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kaisa yang dilakukan di MTs Tegal Al-amien Putri 1 Prenduan kelas VIII adalah ada tiga tahap diantaranya perencanaan dengan menyiapkan silabus dan RPP, pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode kaisa dan evaluasi yang dilakukan guna meningkatkan pembelajaran yang lebih baik lagi. Dalam pembelajaran yang menggunakan metode kaisa memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukung diantaranya yaitu motivasi dalam menerima pengetahuan, suasana belajar yang menyenangkan, dan metode yang diterapkan membuat siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dan adapun faktor penghambatnya yaitu internal siswa yang kurang begitu familiar dengan metode kaisa dan metode membutuhkan kesiapan yang matang.

 

Keyword: Penerapan, Metode Kaisa, Al-Qur’an

References


Badriyahia. Grow Faster With Quran. Suka Bumi: CV. Jejak, 2018.

Bararah, Isnawardatul. “Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.†Mudarrisuna, vol.7, No. 1 (Juni 2017): 139.

Bungin, Burhan. Metode Penelitian Aktualisasi Metodologi Ke Arah Ragam Kontemporer. Jakarta: Grafindo Persada, 2001.

Creswell, Jhon W. Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta, 2007.

Diah Utami, Ratnasari, dan Yosina Maharani. “Kelebihan dan Kekurangan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah.†Profesi Pendidikan Dasar, vol.5, No. 2 (2018): 187.

Hasan, A. Qodir. Ilmu Musthalah Hadis. Bandung: Diponegoro, 2015.

Idrus L. “Evaluasi dalam Proses Pembelajaran.†Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol.9, No. 2 (Agustus 2019): 294.

Imas, Kurniasih, dan Berlin Sani. Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik Teori dan Praktik. Jakarta: Kata Pena, 2017.

Iskandarwassit, dan Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosakarya, 2008.

J Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Khadijah, Sitti. “Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Menghafal Juz Amma Melalui Penerapan Metode Kaisa Pada Pelajaran Ilmu Tahfidz Qur‟an Di SDIT Al-Qalam Kendariâ€.†www.digilib.iainkendari.ac.id (2017).

Makmun, Mubayyidh. Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Mustafa, Nor Muzlifa, dan asri Mokmin. “Pembelajaran VAK (Visual, Auditori dan Kinestetik).†vol.1, No. 7 (2016).

Riyanto, Hatim. Pradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pedidik dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Pranadamedia Group, 2009.

Salamah, Umi. “Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Kaisa Dalam Perspektif Multiple Intelligence.†Istigna, vol.2 (2019): 86.

Pengajaran Menggunakan Metode Kaisa dalam Menghafal Al Quran pada Anak.†Ta’limuna, vol.7, No. 2 (2018): 127.

Salim, Agus. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sulaiman Hasri, Kharis. “Self Regulation Santri Penghafal Alquran Usia Sekolah Dasar di Rumah Tadabbur Qur’an (rtq) Kendari.†Pendidikan Psikologi dan Budaya, vol.3 (2020): 137.

Suryabrata. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 20101.

Wedi, Agus. “Konsep dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran.†Edcomtech, vol.1, No. 1 (April 2016): 21.

Y Janwarin, Xaverius M. “Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning).†Jurnal Pendidikan: Jendela Pengetahuan, vol.8, No 18 (2015): 83.

Yopi M, dan A. Rahman Ritonga Deswalantri. “Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Pada MAN 2 Bukit Tinggi.†Islam Transformatif, vol.3, No. 1 (Juni 2019): 43.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/dirosat.v5i1.514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.