Mengembangkan Kompetensi Abad 21 dalam Pendidikan Islam: Telaah Perspektif Al-Quran dan Hadis

Rosidi Bahri

Abstract


Kompetensi abad 21 perlu diadopsi dan dikembangkan dalam pendidikan Islam. Pengembangan kompetensi abad 21 harus harus bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis. Kompetensi abad 21 dalam pendidikan Islam adalah kompetensi yang berlandaskan pada nilai-nilai moral dan etika. Oleh karena itulah penelitian ini akan menyajikan bagaimana kemampuan abad 21 dapat dikembangkan dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan sumber literatur. Sumber utama dari artikel ini adalah Al-Qur’an dan hadis. Sumber lainnya berupa Jurnal-jurnal, dokumen-dokumen kebijakan pendidikan, buku-buku yang yang berkaitan dengan tema dan kajian penelitian. Hasil dari kajian ini adalah:1). Pemetaan komptensi abad 21 dalam pendidikan Islam perspektif Al-Qur’an dan Hadis. 2). Pendekatan metode pengajaran dalam mengembangan kompetensi abad 21. 3). Landasan moral dan etika dalam pengembangan kompetensi abad dalam pendidikan Islam. 

Keywords


Komptensi abad 21, pendidikan Islam, Al-Qur’an dan Hadis

References


Fatihunnada, Lc. “Rasionalisasi Pemahaman Hadis.†Penerbit KBM Indonesia, n.d.

Habibie, M Luqmanul Hakim, Muhammad Syakir Al Kautsar, Nor Rochmatul Wachidah, and Anggoro Sugeng. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia.†MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama 1, no. 1 (2021): 121–141.

Hayati, Mardia. “Kontribusi Keterampilan Belajar Abad 21 Dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences.†Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2020.

Ikhwan, Afiful. “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran).†Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2014): 179–194.

Imelda, Ade. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): 227–247.

Mahanal, Susriyati. “Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21.†In Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 1:1–16, 2014.

Mansir, Firman. “Identitas Guru PAI Abad 21 Yang Ideal Pada Pembelajaran Fiqh Di Sekolah Dan Madrasah.†Muslim Heritage 5, no. 2 (2020): 435.

Nasihatun, Siti. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam Dan Strategi Implementasinya.†Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 7, no. 2 (2019): 321–336.

Nasukah, Binti. “Prospek Corak Penafsiran Ilmiah Al-Tafsir Al-‘Ilmiy Dan Al-Tafsir Bil ‘Ilmi Dalam Mengintepretasi Dan Menggali Ayat-Ayat Ilmiah Dalam Al-Qur’An.†Al-Makrifat: jurnal kajian Islam 1, no. 2 (2016): 17–40.

Nata, Abuddin. “Pendidikan Islam Di Era Milenial.†Conciencia 18, no. 1 (2018): 10–28.

Nurhayati, Yetti. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Tangerang Selatan.†Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 5, no. 2 (2017): 165–180.

Saleh, Marhamah. “Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning.†JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 14, no. 1 (2013).

Syafe’i, Imam. “Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017): 61.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/fakta.v3i1.1190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.