Upaya Kepala Sekolah dalam Mengatasi Guru yang Mengalami Masalah Metode Mengajar

Zainiyah Hayyi, Najmi Faza

Abstract


Supervisi merupakan pembinaan yang terencana dalam membantu guru dan staf lainnya dalam suatu pekerjaan yang efektif untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Kepala sekolah sebagai supervisor memberikan Bimbingan dan dorongan kepada guru-guru dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran terutama dalam hal pemilihan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengatasi guru yang mengalami masalah metode mengajar. 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat krpala sekolah dalam mengatasi guru yang mengalami masalah metode mengajar. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diambil dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tehnik deskriptif kualitatif. Dalam hal ini penelitian berusaha memahami keadaan yang terjadi di MTS Raudlatul Ihsan dalam mengupayakan supervisi di sekolah. Dari hasil penelitian, upaya kepala sekolah dalam mengatasi guru yang mengalami masalah metode mengajar, yaitu supervisi manajerial, meliputi: menyediakan sarana dan prasarana dan reward and punishment, supervisi akademik meliputi mengadakan kunjungan kelas atau rapat/ pertemuan dan mengikutsertakan para guru diklat dan pelatihan. Faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam mengatasi guru yang mengalami masalah metode mengajar. Yaitu faktor pendukung: antusias yang positif dari para guru. Faktor penghambat: internal, banyaknya pekerjaan dan tanggung jawab kepala sekolah, eksternal: kurangnya kemampuan atau kompetensi yang dimiliki guru.


Keywords


Upaya kepala sekolah, metode mengajar

References


Bermawi, Yoserizal dan Tati Fauziah, "Supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru", Jurnal Pesona Dasar, Vol. 1 No. 4 (2016).

Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta, 2014.

Fatkhurohim, Hadi, "Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pendidikan terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar", pendidikan guru sekolah, Vol. 3 No. 3 (2016).

Febriyanti. "Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MA Patra Mandiri Plaju Palembang". Jurnal Of Islamic Education Management, Vol. 3 No.1 (2017).

Karwono. Belajar dan pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar. Depok: Raja Grafindo, 2017.

Maunah, Binti. Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kalimedia, 2017.

Mudzakir, Dede. "Implementasi Supervisi Manajerial dan Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah". Studia DIDAKTIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 10 No. 2 (2016).

Mukhtar. "Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar". Jurnal Magister Pendidikan, Vom. 3 No. 3 (2015).

Mu'minah, Najwa."Character Building Dalam Konsep Pendidikan Imam Zarkasyi ditinjau dari Filsafat Moral Ibnu Maskawaih", Jurnal Filsafat, Vol. 25. No. 1 (2015).

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya 2012.

Rahmayanti, dkk. "Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Pengajaran di SD Negeri 24 Banda Aceh". Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. 14 No.2 (2014).

Ritonga, Muhammad Arifin. "Penghargaan dan Hukuman Sebagai Motivasi Peningkatan Kinerja Guru". Vol.2 No. 1 (2017).

Rusli, Muhammad. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Prenduan: LP3M PARAMEDIA, 2013 .

sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung:Alfabeta, 2013.

Sudarwan, Danim. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Sudarwan, Danim. Menjadi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Swasto, Danim. Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, 2016.

Wiyani, Novan Ardy. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Gava Media, 2015.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/fakta.v3i2.263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.