Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab
Abstract
Mufrodat adalah salah satu unsur bahasa, untuk mencapai pemahaman dalam pembelajaran mufrodat, dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana metode demonstrasi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab. Dan Apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Sebab, Siswa dalam pembelajaran mufrodat sangat lemah, dan metode yang digunakan oleh Guru masih kurang efektif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data diambil dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam hal ini peneliti berusaha memahami keadaan yang terjadi dikelas VII MTs. Miftahul Ihsan dalam mengupayakan metode demonsrasi dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab. Adanya metode demontrasi dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab di kelas VII MTs. Miftahul Ihsan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajarannya lebih berhasil, dan mampu membuat Siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, minat Siswa jadi lebih tinggi dalam mempelajari mufrodat. Faktor pendukung dan penghambat Guru dalam melaksanakan metode demonstrasi yaitu: Faktor Pendukung, Antusias dari para siswa. Faktor Penghambat, Internal :Guru kurang menguasai materi. Eksternal: Siswa yang masih malu-malu, dan Fasilitas Sekolah yang kurang memadai.
Kata Kunci : Metode Demostrasi, Mufrodat.
Keywords
References
Ahmad Fuad Effendy. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat Landungsari, 2009.
Fartati. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak.†Kreatif Taduluko Online 3, no. 4 (2018): 108.
Hajrah, Abd. Rahim Razaq. “Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Motivasi Siswa.†Pendidikan Bahasa Arab 2 (2018).
Karwono. Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada, 2017.
Lexy J Moleong. Metodologi Penelitian Kualitati. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.
Mohammad Rusli. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. LP3M PARAM. Prenduan-Sumenep, 2013.
Retno Palupi. “Penggunaan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab.†Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 15.
Robiati Miftahul Ulya. “Keefektifan Penggunaan Media Humburger Mufrodat Pada Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab.†Arabic Learning and Teaching 5, no. 1 (2015): 17.
Siti Halimah. Strategi Pembelajaran. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2008.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Syifa S. Mukrima. Metode Belajar Dan Mengajar. Bandung: Bumi Siliwangi, 2014.
DOI: 10.28944/fakta.v3i2.285
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.