Efektivitas Metode Ceramah dan Demonstrasi dalam Meningkatkan Pemahaman Ubudiyah Santriwati pada Program Kuliah Subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Sumenep

Firda Diana

Abstract


Abstrak
Salah satu upaya Guru dalam menanggulangi beberapa kelemahan dari metode ceramah yaitu dengan menggabungkan dengan beberapa metode lainnya, salah satu diantaranya yaitu Metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan merupakan suatu metode yang dikombinasikan antara kegiatan menguraikan materi pelajaran dengan kegiatan memperagakan dan latihan (drill). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Praktek Amaliyah menggunakan metode ceramah plus demonstrasi dan latihan pada program kuliah subuh dan mendeskripsikan Efektivitas Metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan dalam meningkatkan pemahaman ubudiyah santriwati di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dan penentuan informan dalam penelitian ini memakai metode purposive sampling, dengan menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman yaitu proses analisis data yang dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pelaksanaan metode ceramah plus demonstrasi dan latihan ini dimulaidari kegiatan menguraikan materi, mendemonstrasikan/mempraktekkan meteri yang sudah dijelaskan dan tahap terakhir terakhir mengadakan latihan yang berulang-ulang. Sehingga pengaplikasian metode ceramah plus demonstrasi dan latihan ini bisa dinilai cukup efektif diaplikasikan pada program kuliah subuh di Pondok Pesantren Nurulhuda karena bisa memusatkan perhatian santriwati sehingga bisa fokus dan tidak ngantuk.
Kata Kunci : Metode CPDL, Pesantren


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/fakta.v3i2.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.