Peran Pesantren dalam Menciptakan Kemandirian Belajar Santri

Abdul Alfian16, Muhammad Nurul Yaqin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa Sejak awal, pondok pesantren telah menanamkan sikap kemandirian pada diri peserta didik, dengan cara melatih mereka agar dapat berdiri di atas kaki sendiri, serta membina mereka agar tidak menggantungkan diri kepada orang lain kecuali hanya kepada Tuhan.  Begitupun dalam hal belajar para santri dididik dan dibentuk dengan sistem dan program yang ada di dalam pondok tersebut agar mereka dapat menyelesaikan sendiri masalah-masalah belajar yang mereka temui. Akan tetapi setiap Pondok Pasti memiliki cara-cara tersendiri dalam usahanya menciptakan sikap kemandirian belajar dalam diri santri.Tujuan penelitian ini adalah; 1. Untuk mengetahui bagaimana peran Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dalam menciptakan kemandirian belajar santri, 2. Untuk mengetahui program apa saja yang dimiliki Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan yang dapat menunjang terciptanya kemandirian belajar santri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara kepada narasumber yang dianggap penting dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menetapkan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah Seluruh komponen dan sistem yang ada di dalam pondok pesantren  Al-Amien Prenduan berperan penting dalam menciptakan kemandirian belajar dalam diri santri.  Misalkan dari SDM-nya, seperti para guru, kepala sekolah, pengasuh dan  pimpinan pondok  pesantren. Keberadaan mereka sangatlah dibutuhkan oleh para santri, sebagai motivator, pembimbing sekaligus orang tua kedua mereka di pondok.  Kemudian penciptaan kemandirian belajar juga tercipta dari program-program yang telah dibentuk oleh   pondok, seperti kelompok-kelompok  keilmuan dan kebahasaan dan lain-lain.  Adapun program pondok pesantren Al-Amien Prenduan yang mendukung terciptanya kemandirian belajar santri yaitu program muajjah, program kelompok, program penuntasan SKIA dan program  remidial.


Keywords


Peran pesantren, Kemandirian Belajar

References


Anonimous. Undang-Undang RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Grafika, 2008.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Fahradina, Nova, Bansu I, Ansari, and Saiman. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok.†Didaktif Matematika Vol 1 No 1 (2014).

Fitrah, and Lutfiah. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: SV Jejak, 2008.

Ikhwantoro, Harun. “Upaya Pengasuh PesantrenDalam Membentuk Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren As Salafiyyah Mlangi Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta.†Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2017.

Meleong, Lexy J. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1989.

Mohammad Tidjani Djauhari. Untuk Santriku Pesan Dan Harapan. Jakarta: TAJ Publishing, 2008.

Ningsih, Rita, and Arfatin Nurrahmah. “Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika.†Jurnal Formatif, 2016.

Sanusi, Uci. “Pendidikan Kemandirian Di Pondok Pesantren (studi mengenai realitas kemandirian santri di pondok pesantren al-istiqlal cianjur dan pondok pesantren Bahrul Ulum Tasikmalaya).†Jurnal Pendidikan Agama Islam vol.10, no. 2 (2012).

Sari, DEwi Ratna. “Pendidikan Kemandirian Bagi Santri Pondok Pesantren Modern Yatim Piatu Tahfidz Al-Qur’an ’Andalusia Banjarnegara.†Skripsi, Institut Agama Islam Negeri, 2016.

Soetjipto Kusumo Cokro Aminoto. UU SISDIKNAS no. 20 tahun 2003. Jakarta: Alfabeta, 2006.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Suryadharma Ali. Mengawal Tradisi Meraih Prestasi;Inovasi Dan Aksi Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press, 2013.

Zahara, Fenty. “Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Di SMA Negeri 7 Medan.†Psikologi Prima Volume 4 No 2 (2012).


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/fakta.v3i2.325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.