Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren untuk Pendidikan Anak

Fardatul Hasanah, Firda Ayu Wahyuni

Abstract


Setiap orang apapun status dan bidang pekerjaanya, memerlukan motivasi dari orang lain maupun dari dalam dirinya sendiri. Setiap manusia membutuhkan dorongan positif yang berasal baik dari dalam maupun luar dirinya sehingga bisa menyadari keberadaannya dan segala potensi yang ada pada diri mereka hingga dapat manfaatkan secara maksimal. Dengan motivasi itu, seorang individu bisa bertindak dengan tepat untuk mencapai goalnya dan memiliki semangat yang menggebu-gebu untuk mencapai tujuannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi orang tua memilih pondok pesantren untuk pendidikan anak di Dusun Daleman Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-lapangan dengan jenis penelitian studi kasus karena jenis penelitian ini bersifat menyeluruh dan mendalam. Sumber data penelitian ini adalah data primer (orang tua santri) dan data sekunder (dokumentasi). Prosedur pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan beberapa tahapan, yaitu: reduksi data, display data atau penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat motivasi orang tua dilihat dari motivasi intrinsik adalah 1) Agar anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah, 2) Agar anak dapat mengetahui ilmu agama yang lebih luas dan bermanfaat untuk bekal dunia maupun di akhirat, 3) Agar anak memiliki karakter yang baik, jujur dan memiliki sopan santun kepada kedua orang tua, 4) Agar anak menjadi mandiri dan 5) Untuk menyelamatkan anak-anak mereka terhindar dari pengaruh negatif dari perkembangan IPTEK. Sementara motivasi ekstrinsik adalah 1) Pondok pesantren yang berjarak cukup terjangkau, 2) Pengaruh dari lingkungan yang bernuansakan tempat pondok pesantren di sekitar lingkungan tempat tinggal dan 3) Pola pendidikan pondok pesantren yang cukup bagus.


Keywords


Motivasi, Orang Tua, Pondok Pesantren, Pendidikan Anak

References


Ahid, Nur. 2010. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, Mohammad. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Eliza, Candra. 2019. “Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren Sebagai Pembinaan Moral Anak Studi Kasus Wali Santri Darul Ulum†SKRIPSI. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Graha, Chairinniza. 2007. Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Halim, A. 2005. Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Kompri. 2018. Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Prenadamedia Group

Marhumah. 2008. “Gender Dalam Lingkungan Sosial Pesantren (Studi Kasus Tentang Peran Kiai Dan Nyai Dalam Sosialisasi Gender Dipesantren Al Munawwir Dan Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta)â€.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Pendekatan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Subatri, Tata. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Supriatna, Dedi. 2018. “Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren Untuk Anaknya.â€, Jurnal.radenfatah. Volume 24, No 1.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Zulhimma. 2013. “Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren di Indonesiaâ€. Jurnal Darul ‘Ilmi, Vol. 01, No. 02.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/fakta.v4i1.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.