Implementasi Metode Drill pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist

Nur Fadiyah Anisah

Abstract


Penggunaan metode yang tepat dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, oleh karenanya MI Al-Amien Tegal Prenduan menggunakan metode drill, khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui implementasi metode driil dalam pembelajaran Al-Qur’an hadist di kelas V semester ganjil MI Al-Amien Tegal desa Prenduan kecamatan Pragaan kabupaten Sumenep tahun  pelajaran 2020-2021. Dan 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang  digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa implementasi metode drill pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas V MI Al-Amien Tegal secara umum sudah sesuai dengan teknik, tujuan, syarat-syarat, hal yang harus diperhatikan, prinsip dan petunjuk, serta langkah-langkah penerapan metode drill. keberhasilan penerapan metode drill di kelas V MI Al-Amien Tegal ditunjang oleh adanya mayoritas siswa yang memiliki kemampuan membaca bacaan arab dengan baik dan juga adanya siswa yang mengikuti program hafidz Qur’an selain faktor penunjang diatas ada pula faktor penghambat penerapan metode drill di kelas V MI Al-Amien Tegal yaitu adanya siswa yang belum bisa membaca bacaan arab dengan baik dan benar, dan minimnya media pembelajaran yang digunakan sehingga menyebabkan siswa cepat jenuh dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadist dengan metode drill.


Keywords


Metode Drill, Pembelajaran Al-Qur’an Hadist.

References


Ahmad Mujin Nasih, Lilik Nur Kholidah, Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Bandung: Refika Aditama, 2009).

Basyirudin Ustman, Metodelogi Pembelajaran Agama Islam (Jakarta Ciputat Pers, 2002).

Daryanto & Syaiful Karim, Pembelajaran Abad 21 (Yogyakarta: Gava Media, 2017.).

Iskandar Wassid & Dadang Suhendar, Strategi Pembelajaran Bahasa (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.).

Mardiah Kalsum Nasution, “Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa,†Studia Didaktita: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, vol.11 (2017).

Mia, “Penerapan Metode Tartil Dalam Kemampuan Baca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) An-Nur Kota Bengkulu†(IAIN Bengkulu, 2018).

Nurul Aini Sanatun, “Implementasi Metode Drill and Partice Secara Kelompok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar,†Unnes Physics Education Journal, vol.5 No 3 (2016).

Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar ((Jakarta: Renika Cipta, 2012).

Rizky Halaliyah, “Implementasi Metode Drill Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Tuna Grahita jenjang SMA di SLB Paidagogia Surabaya†(Universitas Negri Sunan Ampel, Surabaya, 2019).

Sardiman, A. M., Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada., 2010).

Tim penulis bahan ajar fakultas Ilmu tarbiyah dan keguruan IAIN Sunan Ampel, Bahan Ajar Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru, Sertifikasi Guru/ Pengawas Dalam Jabatan Kuota Tahun 2013 (Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 2013).


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/fakta.v4i1.340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.