Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Seni Teater SKA 1
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang 1) Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam seni teater SKA1. 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai pendidikan dalam seni teater SKA1. 3) dampak dari implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam seni teater SKA1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam seni teater SKA1 itu membantu karakter santri terbangun menjadi pribadi yang percaya diri dengan berlandaskan pendidikan yang islami. Santri terhibur dan dapat mengasah imajinasi mereka secara baik dan benar, mensuritauladani kisah-kisah para nabi melewati surah-surah dalam Al-Quran. Dampak dari implementasi ini seluruh pelajaran yang berbasis agama Islam bisa diimplementasikan secara visual melewati dengan berseni teater.
Keywords
DOI: 10.28944/fakta.v4i1.343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.