CBT (Computer Based Test) sebagai Alat Evaluasi terhadap Pembelajaran Matematika ( Studi Kasus di Madrasah Aliyah Sumenep )

Sukron Makmun, Nuriyatul Aliyah, Pipin Nafisah, Thahir Thahir

Abstract


Tulisan ini dilatar belakangi oleh sejauh mana pentingnya evaluasi pembelajaran bagi murid. Evaluasi pembelajaran ialah merupakan sesuatu proses penilaian atau pengukuran untuk mengetahui sudah sejauh mana skill yang ada pada masing-masing dari murid setelah proses pendidikan yang dilakukan oleh para guru kepada anak didik. Dengan adanya evaluasi pembelajaran bisa dengan mudah dalam menetukan taraf dan melihat kemajuan suatu aktivitas dalam dunia pendidikan. Dalam mengevaluasi suatu pembelajaran bisa memakai cara yang telah ada baik berupa tes atau non tes. Adanya zaman yang semakin berkembang menuntut agar memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan. Dalam penelitian ini di MAN Sumenep memanfatkan penggunaan teknologi komputer dengan aplikasi Computer Based Test (CBT) teknik yang dipakai, sehingga dapat diaplikasikan dalam teknik tes dalam ulangan harian mata pelajaran matematika.


Keywords


Evaluasi Pembelajaran, Teknologi Komputer

References


Agustina, Dewa Ayu Sri. “Perancangan Aplikasi Computer Based Test (CBT) Berbasis

Web†Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer. Vol. 2. No. 1. (Januari 2016).

Anggraini, Selvi. Bambang Ruwanto. “Pengembangan Instrumen Penilaian Ulangan

Harian Online untuk Mengukur Penguasaan Materi Fisika dan Mengetahui Respon Belajar Peserta Didik SMA†Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 6. No. 2. (2017).

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2018.

Aziz, Abdul. Pengantar Manajemen dan Substansi Administrasi Pendidikan. Jember:

Pustaka Radja. 2017.

Badrudin. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks. 2014.

Balan, Yohanes Adio. “Pengembangan Model Computer Based Test (CBT) Berbasis

Adobe Flash Untuk Sekolah Menengah Kejuruan†Jurnal Of Curiculum and Educational Teknologi. Vol. 6. No. 1. (2017).

Fahyuni, Eni Fariyatul. Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Sidoarjo: Umsida Press.

Magdalena, Lena. “Aplikasi Ulangan Harian Menggunakan Systematic Random

Sampling Berbasis Web Studi Kasus: SMKN 1 Bulakamba-Brebes†Jurnal Digit. Vol. 5. No. 2. (2015).

Maiziani, Fitri. “Efektivitas Computer Based Testing Sebagai Sarana Tes Hasil Belajarâ€

Jurnal Kiprah. Vol. 4. No. 1. (Januari-Juni 2016).

Marisa. dkk. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. 2011.

Mukhtar & Iskandar. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan

Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada. 2011.

Pamungkas, Petrus Dwi Ananto. “CBT pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta

Menggunakan Metode (Computerized Fixed-Form Test) CFT†Jurnal Ilmiah

Teknologi Informasi Terapan. Vol. 4. No. 1. (Desember 2017).

Tim Zeniora, Tentang Sistem Ujian CBT, Zeniora, diakses dari

https://zbt.co.id/en/blog/tentang-sistem-ujian-cbtpada tanggal 10 Februari 2020

pukul 06:30.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/fakta.v4i1.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.