ADOPSI KETELADANAN TOKOH AGAMA SEBAGAI KARAKTER IDEAL KONSELI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keteladanan Nyai Nur Jalilah Dimyati, Lc yang dapat diserap menjadi karakter ideal konseli. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan keteladanan Nyai Nur Jalilah Dimyati, Lc yang dapat diserap menjadi karakter ideal konseli. Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana keteladanan Nyai Nur Jalilah Dimyati, Lc 2. Apa saja keteladanan Nyai Nur Jalilah Dimyati, Lc yang dapat diserap menjadi karakter ideal konseli. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat delapan keteladanan Nyai Nur Jalilah Dimyati, Lc dalam kepribadiannya yaitu kongruensi, ramah, lemah lembut, disiplin, tegas, bijaksana, penuh kasih sayang dan sabar (2) delapan keteladanan tersebut dikategorikan kedalam empat ciri manusia yang berfungsi secara penuh menurut Carl Rogers yang kemudian dapat diadopsi menjadi karakter ideal konseli yakni a. Kebebasan Memilih dalam keteladanan Nyai Nur Jalilah Dimyati, Lc yang diadopsi menjadi karakter ideal konseli meliputi bijaksana, tegas dan kongruensi b. Konstruktif dan Terpercaya dalam keteladanan Nyai Nur Jalilah Dimyati, Lc yang diambil menjadi karakter ideal konseli meliputi sabar dan ramah c. Kehidupan yang Kaya Warna dalam keteladanan Nyai Nur Jalilah Dimyati, Lc yang diambil menjadi karakter ideal konseli meliputi penuh kasih sayang dan lemah lembut d. Kreativitas dalam keteladanan Nyai Nur Jalilah Dimyati, Lc yang diambil menjadi karakter ideal konseli meliputi Disiplin.
Â
Â
Â
Keywords
References
Amalia, L. (n.d.). Menjelajahi Diri Dengan Teori Kepribadian Carl R. Rogers.
Ariyanto, R. D., Mappiare-AT, A., & Irtadji, Moh. (2017). Identifikasi Karakter Ideal Konseli Menurut Teks Kepribadian Founding Fathers Indonesia: Kajian Dalam Perspektif Fromm. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 1(2), 174. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p174-182
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Erlina, N., Mahmud, Z., & Syafril, S. (2018). Mengungkap Masalah Klien Menggunakan Teori Rogerian dan Terapi Realiti [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/m6xgn
Ernawati, I. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi BanjarNegara Tahun Ajaran 2014/2015. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.40
Fitriana, F., Irawan, A. W., & Burhanuddin, B. (2021). Karakter Ideal dalam Pappaseng Bugis: Implikasi Bagi Layanan Bimbingan Konseling. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 7(1), 1–21. https://doi.org/10.47435/mimbar.v7i1.614
Hidayatulloh, S. (n.d.). Relevansi Keteladanan Beragama Orang Tua Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Pasar Minggu Siswa Kelas IX. 76.
Jannah, M. (n.d.). Keteladanan Tokoh Dalam Serial Animasi Nussa Oofficial. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 3 No. 2 Tahun. 2020.
Jannah, S., Ramli, M., & At, A. M. (2019). Karakteristik Pribadi Altruis Konselor Dalam Syair Lagu Madura (Kajian Hermeneutika Gadamerian). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), 712. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12479
Jepisa, T. (n.d.). Metode Keteladanan Orang Tua Dalam Pendidikan Islam Di Desa Gunung Bantan Kecamatan Alas Maras Kabupaten Seluma.
M. Dahlan, H. (2020). Komunikasi Lemah Lembut Dalam Studi Hadits. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 48. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.351
Mustafidah, A. (2018). Peran Tokoh Agama Dalam Kehidupan Sosial Keagamaan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Nazir, M. (2003). Metodologi Penelitian (Cet Ke-3). jakarta: Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurdin, M.Si, Dr. Drs. I., & Hartati, M.Si, Dra. S. (n.d.). Metodologi Penelitian Sosial. Wiyung, Kota Surabaya 60222: Media Sahabat Cendekia.
Sahrani, R. (2019). Yang Muda, Yang Bijaksana. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 8 No 2 (2022): Psikis : Jurnal Psikologi Islami. https://doi.org/10.19109/psikis
Septiyaningtyas, R. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Kelas V SD Se-Gugus Puren. Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryanto, T. A., & Fuadi. (2021). Memahami Bimbingan dan Konseling Belajar: Teori dan Aplikasi Dasar-Dasar Bimbingan serta Konseling Belajar (Pertama). Pabean Udik Indramayu Jawa Barat: Adab.
Sutisna, R. (2022). Analisis Karakteristik Kepribadian Mahasiswa dengan Teori Kepribadian Humanistik
Carl R. Rogers:The Fully Functioning Person dan Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. 06.
Thalib. (2008). Pribadi Sehat: Perspektif Konseling Dan Alquran. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 5(1), 1. https://doi.org/10.24239/jsi.v5i1.148.1-22
Umami, I. (2018a). Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Harmonisasi Kehidupan dan Akhlak Masyarakat di Kota Metro Lampung. FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 3(1), 259. https://doi.org/10.25217/jf.v3i1.220
Umami, I. (2018b). Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Harmonisasi Kehidupan dan Akhlak Masyarakat di Kota Metro Lampung. FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 3(1), 259. https://doi.org/10.25217/jf.v3i1.220
Zulhammi. (2016). Tingkah Laku Sabar Relevansinya Dengan Kesehatan Mental. Vol. 04, No. 01.
DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v3i2.1604
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.