PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KERIPIK SINGKONG CAP LUMBA-LUMBA RASA PEDAS MANIS

Purwati Ratna Wahyuni, Sindi Arista Rahman, Hopid Hopid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Sampel penelitian ini terdiri dari 40 responden yang dipilih secara acak dari pelanggan keripik singkong cap lumba-lumba rasa pedas manis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini berarti semakin tinggi kualitas produk yang dirasakan pelanggan, semakin tinggi pula loyalitas mereka terhadap perusahaan. Selain itu, kualitas pelayanan juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Kedua variabel, kualitas produk dan kualitas pelayanan, secara simultan berkontribusi signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan harus fokus pada peningkatan kualitas produk serta kualitas pelayanan yang diberikan.


Keywords


kualitas produk; kualitas pelayanan; loyalitas pelanggan

References


Basith, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan De’pans Pancake And Waffle Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11(1), 1–18.

Caroline, R. jesica, Simarmata, P., & M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Nasabah Pada PT BCA Finance Kantor Pusat Pondok Indah Jakarta Selata. 4(1), 67–82.

Cung, Kevin Candra, & Rizki, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Customer Value Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Indihome PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Di Jakarta.

Feigenbaum. (2000). Kendali Mutu Terpadu. Edisi Ketiga, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Harahap, Z., Leonandri, D., & Julvitra, E. (2020). The Effect Of Service Quality And Product Quality On Consumer Satisfactin In 71st Omakase Restaurant, Cikajang Jakarta. Jurnal Akademi Pariwisata, 8(2).

Haris, M. (2023). Analisa Kualitas Produk Pada Umkm Kripik Singkong. Jurnal Ikrath-Ekonomika, 6(2).

Ibrahim, M., & T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(1).

Ismail, R. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Kepuasan Nasabah Sebagai Prediktor Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(2), 179–196.

Jaya, I. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Frutang Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Tang Mas Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (JIMAFE), 1(1), 16–22.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Ratnasari, L. &. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompeitif, 2(2).

Sanjaya, L. J., & Sawitri, D. R. (2017). No TitleaHubungan antara Kenyamanan Pelayanan dengan Loyalitas Pelanggan : Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Pengguna Layanan GO-JEK di Semarang. Jurnal Empati, 6(4), 149–156.

Sari, A. N. (2022). Kondisi Industri Pengolahan Makanan dan Minuman di Indonesia. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/bacaartikel/15588/Kondisi-IndustriPengolahan-Makanan-dan-Minumandi-Indonesia.html)

Sawitri, N. P., Yasa, N. N. K., & Jawas, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Tegal Sari Accommodation Di Ubud. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, 7(1), 40–47.

Segoro. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan: Suatu Penelitian Pada Penyedia Jasa Telepon Selular Di Jawa Barat. Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, 2(2), 181.

Sembiring, I. J. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Mcdonald’s Mt.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(1), 1–10.

Tjiptaningsih, D. S., & Aryani, L. (2014). Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus Pada Restoran Fast Food Pizza Hut Di Jakarta Selatan ). Online Journal & Proceeding Universitas Jendral Soedirman, 4(1), 202–215.

Tjiptono, F. (2005). Brand Management & Strategy. Yogyakarta: ANDI.

Wijayanto, K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(1), 38–45.

Yusnaini. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Internet Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Bank Swasta. Jurnal Dinamika Akuntansi, 2(1), 1–9.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.