Pengaruh Kegiatan Study Tour Pada Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Mengenai Pembelajaran IPS

Yeyen Sormin, Ridha Haifarashin, Muhammad Husen Arifin

Abstract


Kegiatan pelaksanaan penelitian ini memiliki sebuah pencapain atau tujuan yaitu memahami penerapan  karyawisata terhadap pemahaman siswa sekolah mengenai IPS. Penelitian yang dibuat ini memakai teknik atau metode yaitu metode kualitatif yang dipakai sebagai pedoman ketika pembuatan penelitian tentang program study tour yang dilaksanakan di bebebrapa SD yang berada di lingkup Kec. Paseh, Kab. Bandung. Subjek penelitian ini adalah salah satu pengawas SD di Kec. Paseh, Kab. Bandung. Metode yang dilakukan saat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melaksanakan tanya jawab melalui media google meeting. Hasil dari penelitian ini menghasilkan program pembelajaran yang disertai dengan kegiatan study pada pembelajaran IPS bisa meningkatkan pemahaman belajar siswa. Tujuan dari metode karyawisata tidak hanya  pengalaman belajar di kelas tetapi juga pengalaman  langsung bagi siswa, yang bisa meningkatkan motivasi serta semangat baru siswa dalam belajar yang sebenarnya. Siswa juga dapat melihat prosesnya secara langsung dan kemudian mempraktikkan pengetahuan belajar mereka di luar sekolah untuk memperluas wawasan berpikir mereka dan membantu mereka lebih memahami pentingnya pelajaran yang diberikan.


Keywords


Karyawisata, Pelajaran IPS, Siswa

References


a) Buku

Referensi:

Anggen, M. 2012. Warisan Pusaka Provinsi Bengkulu. Bekasi: CV Rafa Aksara.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumaatmaja, N. 2007. Konsep Dasar IPS .Jakarta:UT.

Zainal Aqib & Ali Murtadlo, Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inofatif, (Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2016).

b) E-Journal

Referensi:

Darmani, J. W., & Renaldi, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Dampak Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Fieldtrip. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 373– 380. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3108

Dratriarawati, A. 2015. Pemanfaatan museum isdiman ambarawa Sebagai sumber belajar Terhadap minat belajar sejarah Siswa kelas xi sma negeri 1 ambarawa Tahun ajaran 2014/2015. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Gunansyah, G & Saputra, H. Y. 2014. Penerapan Metode Karya Wisata Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.

Jumiati, J. (2017). Penerapan Metode Karya Wisata pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 19–27. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2. 765

Widia, V., Indihadi, D., & Ws, R. (2016). Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Ekonomi Masyarakat Sekitar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 117–128. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadid aktika/article/view/5099


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/maharot.v6i1.609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.