IMPLEMENTASI SERVICE EXCELLENT DALAM MENIGKATKAN KEPUASAN NASABAH DI BANK BPRS KCP PRAGAAN

Zaid Raya Argantara, Nuris Watun Hasanah, Nurul Annisa, Zaitur Rohmah

Abstract


Penelitian ini akan menganalisis pelayanan prima yang di implementasikan di Bank BPRS KCP Pragaan, secara letak geografis Bank BPRS KCP Pragaan berada di tengah-tengah Bank Umum Negara yaitu Bank BNI, Bank BRI, dan Bank Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sampel bank BPRS KCP Pragaan. Pengambilan sampel menggunakan rumdem sumple dengan tehnik analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu; (1) Reduksi data, (2)Penyajian data, dan (3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank BPRS KCP Pragaan sudah mengimplementasikan pelayanan prima secara baik di dalam mendorong kepuasan nasabah, BPRS KCP Pragaan mampu menjaga loyalitas nasabahnya ditengah-tengah persaingannya dengan Bank Umum Milik Negara yang berada di sekitar Bank BPRS KCP Pragaan.


Keywords


Implementasi, Pelayanan, Kepuasan Nasabah.

References


Tjiptono Fandy, Pemasaran Jasa (Yogyakarta: Bayumedia 2011)

Muhammad, Bank Syariah, Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia, (Yogyakarta Grahailmu, 2005)

Prabu Anwar Mangkunegara, Sumber Daya Perusahaan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)

Damayanti Riski, Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan Tahun Xv No. 02 Oktober 2018

Muhammad Abu Syaikh Abdullah bin, 2008 Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4, (Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i)

Kasmir, Manajemen Perbankan, (Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2010)

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990)

Munir, Manajemen Pelayanan Umum, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Al Arif M.Nur Rianto.Dasar- Dasar Pemasaran Bank Syariah. (Bandung: Alfabeta.2010)

Akbar Surya, Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan, Jurnal Jiaganis, Vol. 03, No. 02 September 2018

Meleong Lexy.J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2001

Sinambela Lijan Poltak, Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran dan Implikasi (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014)

Finriyani Arifin, Merging Parademic Performance And Service Quality. An Empirical Test Of an Integrative Model, International Journal Of Business and Management, Vol 4 Issue 2, Tahun 2015

Hamdani & Rambat Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran jasa, Edisi 2,

Fajar Laksana, Manajemen Pemasaran, (Jakarta : Alex Media Komputindo, 2010 )

Rianto Al Arif M. Nur. Dasar- Dasar Pemasaran Bank Syariah. (Bandung: Alfabeta.2010)

Rusli Romadhoni, Imani dan Iqbal Rafiqi, “Strategi Marketing Syariah Tabungan Gaul IB Bagi Generasi Millenial Pada BPRS Bhakti Sumekar Sumenep,†Ilmu Manajemen, vol.1, no. 2 (2021): 66–71, https://journal.actual-insight.com/index.php/equilibrium/article/view/186/129.

Stinnet Bill. Think Like Your Customer. (Jakarta: Alex Media Komputindo)

Kotler Philip. Marketing Manajemen.( New Jersey:Prentice Hall.2000)

Engel James F, Perilaku Konsumen, ahli bahasa FX Budiyanto.(Jakarta:Binarupa Aksara.1992).


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/masyrif.v3i1.671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.