Pengaruh Kesiapan Mengajar, Peguasaan Kelas, Penguasaan Materi terhadap Keterampilan Mengajar Santriwati Tarbiyatul Muallimien Al-Islamiyah (Tmi) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Tahun Ajaran 2020-2021

Shely Liana

Abstract


Salah satu temuan lapangan yang ada yakni, beberapa santriwati tidak lulus dalam melaksanakan program amaliyah at-tadris, yang dilatar belakangi oleh beberapa faktor. Pertama, kesalahan dalam melakukan toriqah at-tadris, Kedua, kurangnya penguasaan materi. Salah satu bagian dari materi Khutuwatut At-Tadris, santiwati belajar tiga hal yaitu kesiapan mengajar, penguasaan kelas, penguasaan materi, yang dapat meningkatkan keterampilan mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh kesiapan mengajar, penguasaan kelas, penguasaan materi, terhadap  keterampilan mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto yang menggunakan regresi linier berganda, sedangkan analisis datanya menggunakan bantuan SPSS versi 22 for windows. Pada penelitian ini terdapat hubungan dan pengaruh kesiapan mengajar, penguasaan kelas, penguasaan materi, pada keterampilan mengajar. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai signifikansi dari f change 0.000, lebih kecil dari 0.05, yang menunjukan bahwa kesiapan mengajar, penguasaan kelas, penguasaan meteri serentak mempengaruhi keterampilan mengajar. Besar pengaruh tersebut terlihat dari besar R square yakni 0.977, yang berarti keterampilan mengajar dipengaruhi tiga variabel tersebut sebesar 98%, dan sisanya yakni 0,023  atau 2% adalah faktor lain. Artinya, ketiga variabel tersebut berhubungan dan berdampak erat terhadap keterampilan mengajar.

Kata kunci: kesiapan mengajar, penguasaan kelas, penguasaan merteri, keterampilan mengajar


References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Praktik Pendekatan Praktik. 14 ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Ayu Apsari, Dkk, Ratih. Belajar Dan Pembelajaran. 1 ed. Depok: Rajawali Pers, 2018.

Dewi Kurniasari, Istiana. “Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta†(2016).

Jauhari, Muhammad Idris. Khutuwatut Tadris Al-Mufassolah. III. Prenduan: Mutiara Press, 2013.

———. Mabadi’ Ilmu Ta’lim. Cetakan ke-VI. Prenduan: Mutiara Press, 2019.

M. S. Tuerah, Roos. “Penguasaan Materi Pembelajaran, Manajemen, dan Komitmen Menjalankan Tugas Berkorelasi Pada Kinerja Guru SD Di Kota Tomohon.†vol.1, Nomor 2, (April 2015).

Nur Jaya, Hasma. “Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan.†vol.17 No.1 (2017).

Rahmawati, Indri. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap keaktifan Belajar Siswa Di SMP Negri 02 Tanggerang Selatan†(22 Januari 2019).

Slameto. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Solihatin, Etin. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.

Stiawan, Sri Mulyani, Iyan. “Evektivitas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (Micro teaching) Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar dan Kesiapan mengajar.†vol.15, no. 2 (Desember 2018).


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/fakta.v3i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.