Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Moodle

Yusfar Ramadhan, Fia Khuzainatul Makkiyah

Abstract


The e-learning platform is a solution for schools during the ban on face-to-face learning due to the Covid-19 virus. This study aims to analyze the process of planning, implementing and assessing online learning using the Moodle application on the subject of Akidah Akhlak, the main subject Syirik . This study used a qualitative approach to classroom research. The subjects of this study are the principal, the teacher of Akidah Akhlak and students of class X IPS in MA Annur Alhuda Tajinan Malang. The data collection technique used purposive random sampling. Collecting data used observation, interview and documentation techniques. Data analysis used data triangulation technique. The results of this study indicate that the planning are (1) implementing a simulation, (2) determining the technical implementation, (3) an online learning schedule, and (4) planning the curriculum, syllabus and lesson plans, while the implementation is through 7 features, namely attendance, subject matter, material files, chats, discussion forums, daily assignments and feedback, while the assessment is taken from 3 features, namely (1) attendance, (2) discussion forums, (3) daily assignments / quizzes. The online learning based Moodle works well and highly effective in helping distance learning.

Keywords


online learning, Moodle, Akidah Akhlak

References


Alifa, N.M. 2018. Pengaruh mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap moral keagamaan siswa madrasah Tsanawiyah negeri 1 Lampung timur tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan,(Online),(https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2824/1/Skripsi%20Al ifa%20Nur%20Madina.pdf), diakses 19 Agustus 2021.

Amiroh. 2012. Membangun e-learning dengan Learning Management System Moodle.Sidoarjo: PT. Berkah Mandiri Global Indo.

Asrul dkk. 2015. Evaluasi Pembelajaran, medan: Perdana mulya sarana.

Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Fadilah, dkk. 2021. Problematika pembelajaran matematika daring di masa pandemi covid 19. Jurnal jendela pendidikan. 1(2).

https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP diakses pada 19 Agustus 2021.

Fatimah, Dewi. 2021. Analisis pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Skripsi tidak diterbitkan. Jambi: program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Jambi.

Irawan, Randy dkk, 2018. Pengembangan e-learning berbasis Moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran Bahasa inggris. Jurnal Inovasi teknologi Pendidikan, (Online), 5, (1-11). https://eprints.uny.ac.id/48402/, diakses 20 Februari 2012.

Ika, 2020. Membedah tantangan pembelajaran Daring di tengah Pandemi Covid-19. Dalam (https://www.ugm.ac.id/id/berita/19552-membedah-tantangan-pembelajaran- daring-di-tengah-pandemi-covid-19), diakses 18 Januari 2021.

Ika, Oktafia & Wulandari, Siti. 2020. Pembelajaran Daring sebagai upaya study from home (SFH) selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), (Online), 8 (3). https://journal.unesa.ac.id/index.php/ipap, diakses 8 Juni

Khusniyah, N dan Hakim, 2019. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: sebuah bukti pada pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, (Online), 17 (1), 19-33.

https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/667, diakses 20

Februari 2021.

Laila, Nur. (Nurlailaaziza@gmail.com). 9 Juli 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Email kepada Fia Khuzainah Makkiyah (fiazainmakkiyah@gmail.com).

Muazizah, dkk. 2016. Keefektifan Penggunaan E-Learning berbasis Moodle berpendekatan Guided Inquiry terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, (Online), 10 (2), (https://jurnal.unnes.ac.id) diakes 8 Agustus 2021.

Mustika, Syifa. 2020. The New Normal life panduan menjalani tatanan kehidupan baru di tengah Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Modul Bahan Ajar Pendidikan Dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Kementrian Agama Republik Indonesia.2014. (Online), (https://123dok.com/document/yromovoy-post- modul-plpg-aa.html), diakses 20 Juli 2021.

Nurjanah, dkk. 2020. Analisis metode pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan pemahaman dan karakter peserta didik. Jurnal EduPsyCouns, (Online), 2(1), (https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/496/289),diakses 19 Agustus 2021.

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran tahun 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19. (Online) (https://covid19.go.id/edukasi/guru-dan- siswa/panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid-19) diakses 21 Agutus 2021.

Putria, Hilna. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) masa pandemi Covid-19 pada guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, (Online), 4 (4), (https://jbasic.org/index.php/basicedu/index) diakses 9 Agustus 2021.

Safitri, dkk. 2018. Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Pasca Pelatihan Guru Pembelajar Moda Daring. Jurnal Pembelajaran Inovatif, (Online), 1 (1), (http:journal.unj.ac.id/unj/index.php /jpi) diakses 8 Agutus 2021.

Sairil, Asril, dkk. 2018. Pengaruh mutu layanan sarana dan prasarana terhadap kepuasan siswa. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, (Online), 3 (1), (https://media.neliti.com) diakses 29 September 2021.

Sufiani. 2017. Evektifitas pembelajaran akidah akhlak berbasis manajemen kelas. Jurnal al Ta’dib,(Online),10(2),(https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/altadib/article/view

/628/578), diakses 19 agustus 2021.

Sadikin, Ali & Hamidah, Afreni. 2020. Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, (Online), 6 (2),(https://online- joernal.unja.ac.id/biodik) diakses 10 Juni 2020.

Surat Edaran Mentri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus (COVID-19). (Online),(https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan- pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah), diakses 18 Januari 2021.

Suwartono. 2014. Dasar-dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.


Full Text: PDF

DOI: 10.28944/maharot.v6i1.1464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.