Implementasi Pendidikan Akhlak bagi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Abstrak
Penerapan akhlak yang baik di lingkungan sosial menjadikan damai, tentram, dan saling menghargai satu sama lain. Rasulullah diutus untuk menyempurnakan akhlak ummatnya, hal demikian tidak segampang seperti membalikkan telapak tangan, untuk menjadi pribadi dengan akhlak yang baik, manusia harus dapat menempuh pembelajaran dan pengalaman yang cukup banyak. Di era teknologi saat ini banyak suatu pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan praktis dan mudah, Terlebih lagi dimasa pandemi saat ini pembelajaran yang dibatasi dengan jarak, tanpa adanya tatap muka secara langsung, dan diadakan secara daring (dalam jaringan). Membuat suatu pembelajaran kurang efektif. Maka demikian. Tulisan ini mengkaji Penerapan pendidikan akhlak bagi mahasiswa di Masa Pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. adapan rumusan masalah penelitian ini di fokuskan kepada bagaimana pembelajaran dan penerapan pendidikan akhlak di era darurat covid 19. Mendapatkan hasil, mahasiswa dimasa pandemi senantiasa meningkatkan spiritualis untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya, berani berkata benar dan jujur, sering membantu keluarga, mengikuti saran pemerintah dan menjaga kelestarian lingkungan.
References
Abdul Mun’im, Muhtadi. Metodologi Penelitian untuk pemula. 2. Sumenep: Pusdilam, 2014.
Ahmad Atha’, Abdul Qadir. Adabun Nabi Meneladani Akhlak Rasulullah. Jakarta: Pustaka Azzam, 2002.
Assingkily, Muhammad Shaleh. “Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19).†Jurnal PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara 1, no. 1 (2020).
Darmiah. “Akhlak Anak Terhadap Kedua Orang Tua.†Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2020.
Dr. Bambang Irawan. “Kearifan Ekologis Dalam Perspektif Sufi.†Aicis XII, 2009.
Dr. H. Badrudin, M.Ag. Akhlak Tasawuf. 2. Serang: IAIB Press, 2015.
Fahrudin. “Tasawuf Sebagai Upaya Membersihkan Hati Guna Mencapai Kedekatan Dengan Allah.†Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 14, no. 01 (2016).
Febrina Evananda, Ibrahim Bafadal, dan Ahmad Yusuf Sobri. “Studi Kasus Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dolan.†JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan 01, no. 03 (September 2018). http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/.
Istianah. “Sholat sebagai perjalanan ruhani menuju Allah.†Esoterik 01, no. 01 (Juni 2015).
Junil Adri. Review of Perspektif Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Perubahan Tingkah Laku Siswa, oleh Muhammad Giatman. Disunting oleh Refdinal. Edukasi: Jurnal Pendidikan 18, no. 2 (Desember 2020): 170–81. https://doi.org/10.31571.
Ma’fiyah. “Urgensi Pendidikan Agama Dalam Pembentukan Akhlak Generasi Milenial.†Prosiding Seminar Nasional, Harmonisasi Keberagaman dan Kebangsaan bagi Generasi Milenial, Lembaga Kajian Keagamaan, Universitas Pamulang, Desember 2019.
Martan. “Konsep Akhlak Dan Metode Pembelajarannya Dalam Pendidikan Islam.†Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 10, no. 1 (April 2020). https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/index.
Miftahul Janah, Seftika, dan Nita Fitria. “Implementasi Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Terpadu Sendang Agung.†Jurnal Fokus Konseling 6, no. 1 (2020).
Muhrin. “Akhlak Kepada Diri Sendiri,†2018.
Suhaimi Abu Hassan, Mohd Azam Yahya, dan Ahmad Faqih Ibrahim. “Kesan Pelaksanaan Solat Terhadap Akhlak Mukallaf Menurut Al-Quran Dan Al-Hadist.†Jurnal ‘Ulwan, 2019.
Syamsul Kurniawan. “Pendidikan Karakter Dalam islam Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq Al-Karimah.†Tadrib 03, no. 02 (Desember 2017).
Tatik Maisaroh. “Akhlak terhadap Lingkungan Hidup Dalam Al-Qur’an (Studi Tafsir Al-Misbah).†Universitas Islam Negri (UIN) Raden Intan Lampung, 2017.
Tobroni. Pendidikan Islam Dari Dimensi paradigma Telogis, Filosofis, dan Spiritualitas Hingga Dimensi Praksis Nomatif. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015.
Wahyudi, Muhammad. “Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim.†Jurnal Lughoti 1, no. 02 (2020).
DOI: 10.28944/maharot.v5i1.241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.